Dana asing bergerak ke sektor saham yang lebih cuan

Rabu, 30 Desember 2020 | 07:50 WIB   Reporter: Akhmad Suryahadi
Dana asing bergerak ke sektor saham yang lebih cuan


DANA ASING - JAKARTA. Investor asing masih getol melepas kepemilikannya di pasar saham domestik. Sejak awal tahun, asing mencatatkan transaksi penjualan bersih (net sell) sebesar Rp 61,55 triliun. Dalam jangka waktu sebulan perdagangan, investor asing juga masih mencatatkan net sell, yakni senilai Rp 5,76 triliun.

Investor asing banyak melepas posisinya di saham-saham yang bersifat defensif, seperti saham emiten perbankan, telekomunikasi, hingga barang konsumsi. Mengutip RTI, per Selasa (20/12), saham PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) menjadi saham yang paling banyak dibuang asing. Emiten pelat merah ini mencatatkan net sell sebesar Rp 1,4 triliun dalam sebulan.

Di posisi kedua, terdapat saham PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) dengan net sell mencapai Rp 1,2 triliun. Menyusul ICBP, terdapat saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dengan net sell asing Rp 1,12 triliun.

Selain TLKM, ICBP, dan BBRI, ada pula sejumlah saham kelas kakap yang dilepas asing, diantaranya saham PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) dengan net sell Rp 1,03 triliun, PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) dengan net sell Rp 842,5 miliar, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) dengan net sell Rp 638,6 miliar, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dengan net sell Rp 484,9 miliar, serta saham PT XL Axiata Tbk (EXCL) dengan nilai net sell sebesar Rp 474,5 miliar.

Baca Juga: Perdagangan terakhir 2020, pergerakan kurs rupiah akan terbatas

Analis Panin Sekuritas William Hartanto menilai, investor asing punya kriteria  dalam pengambilan keputusan yang bervariatif. Dasar pengambilan keputusan ini tidak selalu atas dasar performa emiten atau proyeksi kinerja ke depan.

William menilai, dilepasnya saham-saham defensif ini kemungkinan karena adanya momentum di saham lain yang memungkinkan adanya profit yang lebih cepat. “Seperti saham-saham komoditas, memang terlihat asing melakukan net buy,” terang William kepada Kontan.co.id, Selasa (29/12).

Sejumlah saham siklikal seperti saham pertambangan logam menjadi saham yang banyak diburu asing setidaknya dalam waktu sebulan. Saham PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) misalnya, mencatatkan net buy senilai Rp 665,4 miliar. Saham berbasis tambang lainnya seperti PT United Tractors Tbk (UNTR), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), dan PT Vale Indonesia Tbk (INCO) juga mencatatkan net buy masing-masing Rp 219,06 miliar, Rp 124,04 miliar, dan Rp 139,65 miliar.

Baca Juga: Simak rekomendasi saham EXCL, JPFA, dan ELSA untuk Rabu (30/12)

Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada menilai, terdapat berbagai macam faktor yang menyebabkan asing melepas saham-saham  tersebut, meski saham-saham tersebut masuk dalam konstituen Indeks LQ45. Pertama, investor asing mempertimbangkan imbas kondisi pandemi saat ini dengan proyeksi kinerja serta perkiraan akan terjadinya perlambatan kinerja.

Kedua, terjadi rebalancing portofolio dimana investor asing kemungkinan melihat potensi upside di saham sektor-sektor lainnya. “Bisa jadi, karena keinginan mereka untuk mengurangi bobot di saham-saham big caps karena dianggap nilainya sudah tinggi dan beralih ke saham-saham lainnya yang masih dinilai rendah harganya,” ujar Reza kepada Kontan.co.id, Selasa (29/12).

Berbagai sentimen pun dinilai menjadi penyebab investor asing melepas kepemilikannya di saham-saham ini. Untuk saham-saham barang konsumsi (makanan, minuman, dan farmasi) terdapat sentimen kinerja yang terimbas pandemi saat ini. Sementara untuk emiten perbankan disebabkan masalah restrukturisasi kredit dan potensi default kredit karena banyak sektor yang dibiayai oleh perbankan terkena imbas pandemi. 

Baca Juga: Ekonomi diprediksi membaik tahun depan, saham-saham ini bisa jadi pilihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru