S&P 500 dan Nasdaq ditutup pada rekor tertinggi lagi berkat optimisme stimulus Biden

Jumat, 22 Januari 2021 | 08:00 WIB Sumber: Reuters
S&P 500 dan Nasdaq ditutup pada rekor tertinggi lagi berkat optimisme stimulus Biden


WALL STREET -  NEW YORK. Wall Street tampil perkasa usai dua dari tiga indeks utama, S&P 500 dan Nasdaq, cetak rekor tertinggi lagi pada akhir perdagangan Kamis (21/1). Sementara indeks Dow Jones melemah tipis di menit-menit terakhir perdagangan.

Kamis (21/1), indeks Dow Jones Industrial Average ditutup melemah 12,37 poin atau 0,04% ke level 31.176,01. Sementara indeks S&P 500 menguat 1,22 poin atau 0,03% menjadi 3.853,07 dan indeks Nasdaq Composite ditutup naik 73,67 poin atau 0,55% ke 13.530,92.

Penguatan indeks S&P 500 dan Nasdaq didorong oleh optimisme tentang lebih banyak stimulus untuk pandemi di bawah pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden guna mendukung ekonomi setelah data pasar tenaga kerja menunjukkan pemulihan tipis. 

Indeks Nasdaq berhasil menguat signifikan berkat lonjakan saham megacap seperti Alphabet Inc, Apple Inc dan Amazon.com Inc menjelang laporan pendapatan mereka dalam beberapa minggu mendatang.

Baca Juga: Wall Street bergerak tipis menunggu kebijakan awal Biden

Ini mengikuti lonjakan saham Netflix Inc pada hari Rabu (20/1) yang merevitalisasi penerima manfaat kebijakan "stay at home". Hal tersebut menambahkan US$ 262 miliar dalam kapitalisasi pasar secara keseluruhan ke kelompok saham FAANG, yang terdiri dari saham Facebook, Amazon, Apple, Netflix dan Google yang diwakilkan induknya Alphabet Inc. 

"Mengingat kemungkinan lonjakan kasus Covid-19, investor akan kembali ke pedoman lama yang bekerja dengan baik pada waktu yang sama tahun lalu. Sektor teknologi berkinerja baik dan (begitu juga) apa pun yang terkait dengan bekerja dari rumah," kata Mohannad Aama, direktur pelaksana di Beam Capital Management LLC di New York.

Dalam pembalikan tren awal bulan ini, indeks pertumbuhan Russell 1000, yang mencakup saham-saham teknologi, jauh mengungguli nilai indeks Russell 1000, yang terdiri dari saham-saham cyclical seperti keuangan dan energi.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah meluncurkan beberapa inisiatif selama hari-hari pertamanya menjabat, termasuk meningkatkan pengujian dan peluncuran vaksin.

Sementara itu, pada akhir perdagangan, sektor teknologi, konsumen diskresioner dan layanan komunikasi seperti Alphabet dan Facebook, adalah satu-satunya sektor pada indeks S&P yang menguat.

Sementara sektor energi tergelincir 3,44% dan menjadi pemberat terbesar di antara 11 sektor pada indeks S&P utama. Hal ini terjadi menyusul berita Biden mencabut izin presiden terhadap proyek pipa minyak Keystone XL.

Di sisi lain, dengan valuasi mendekati level tertinggi 20 tahun, kinerja perusahaan dapat menjadi ujian penting apakah reli pasar saham telah berjalan sesuai fundamental.

Berdasarkan data Refinitiv, per Jumat (15/1), kinerja perusahaan yang tergabung dalam S&P 500 diperkirakan naik 24% pada 2021 setelah turun 15% pada 2020. 

Sementara itu, data tenaga kerja terbaru memperlihatkan, jumlah warga AS yang mengajukan permohonan baru untuk tunjangan pengangguran turun menjadi 900.000 pada pekan lalu. Secara keseluruhan, jumlah klaim pengangguran tetap tinggi karena lonjakan pandemi Covid-19 yang meningkatkan risiko bahwa ekonomi. 

Namun data lain menunjukkan sektor perumahan dan manufaktur sebagai wilayah kekuatan untuk membantu menopang perekonomian.

Baca Juga: IHSG bakal rebound, berikut rekomendasi saham hari ini (22/1)

"Kami memiliki momentum yang sangat kuat memasuki tahun ini dan memasuki pemerintahan Biden ... karena prospek pemeriksaan stimulus yang lebih besar dan lebih banyak pengeluaran secara umum," kata 

Dari sisi pergerakan saham, Intel berhasil melonjak di akhir sesi karena laporan pendapatannya dirilis lebih awal dan memperkirakan kinerja dan pendapatan di kuartal pertama di atas ekspektasi. Saham pembuat chip tersebut ditutup naik 6,46%.

Sedangkan saham United Airlines Holdings Inc turun 5,73% setelah membukukan kerugian triwulanan keempat berturut-turut karena pandemi Covid-19 tetapi mengatakan pihaknya bertujuan untuk memotong sekitar $ 2 miliar dari biaya tahunan hingga 2023.

Ford Motor Co melonjak 6,17% memperpanjang kenaikan untuk hari kedua berturut-turut setelah Deutsche Bank menaikkan target harga pada saham pembuat mobil AS.

 

Selanjutnya: Simak rekomendasi saham BBCA, INTP, dan INDF untuk Jumat (22/1)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru