Emiten

Dian Swastatika (DSSA) terbitkan surat utang US$ 285 juta lewat anak usahanya

Rabu, 12 Mei 2021 | 22:00 WIB   Reporter: Dityasa H. Forddanta
Dian Swastatika (DSSA) terbitkan surat utang US$ 285 juta lewat anak usahanya

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) melalui anak usahanya, Golden Energy and Resources Limited (GEAR), bakal menerbitkan surat utang berdenominasi dollar Amerika Serikat(AS). Ini untuk membayar kembali atawa refinancing utang lama.

Nilai emisi senior secured notes yang bakal diterbitkan sebesar US$ 285 juta. Tenornya selama lima tahun dan akan jatuh tempo pada 14 Mei 2026.

Dana yang diperoleh dari penerbitan tersebut akan digunakan untuk melunasi senior secured notes yang akan jatuh tempo pada 2023 beserta bunganya. Total nilai yang harus dilunasi sebesar US$ 237,6 juta.

Adapun nilai pokok dari senior secured notes lama tersebut sebesar US$ 150 juta. Emisi ini diterbitkan pada 14 Februari 2018.

Baca Juga: Dian Swastatika (DSSA) jual 4,5% saham di Golden Energy Mines (GEMS)

"Penerbitan senior secured notes akan meningkatkan rasio utang terhadap ekuitas perusahaan," ujar Susan Chandra, Sekretaris Perusahaan DSSA, Senin (10/5). Namun, dia belum merinci berapa posisi rasio tersebut setelah penerbitan dilakukan.

Namun, setidaknya emisi anyar yang bakal diterbitkan memiliki kupon yang lebih murah, 8,50% per tahun. Sedang kupon dari emisi lama sebesar 9% per tahun. Senior secured notes anyar bakal diterbitkan pada 14 Mei nanti.

Tak jauh dari rencana pengumuman ini, GEAR juga melakukan investasi senilai AUD 15 juta untuk mengakuisisi 33,33 juta atau setara 12% saham Allegiance Coal Limited. Ini merupakan perusahaan batubara tercatat di bursa Australia.

"Investasi pada Allegiance diharapkan dapat memperkuat portofolio investasi. Khususnya, di bisnis pertambangan batubara metalurgi," terang Susan.

 

 

Editor: Handoyo .
Terbaru