Getol Refinancing, Intip Rekomendasi Saham MDKA Berikut Ini

Jumat, 15 September 2023 | 07:50 WIB   Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
Getol Refinancing, Intip Rekomendasi Saham MDKA Berikut Ini


REKOMENDASI SAHAM  JAKARTA. PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) getol menggelar refinancing sembari menggarap ekspansi. Terbaru, emiten yang terafiliasi dengan PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) dan Garibaldi "Boy" Thohir ini melunasi dan membayar bunga atas dua seri obligasi.

Pertama, melakukan pelunasan pokok serta pembayaran bunga keempat dari Obligasi Berkelanjutan III Tahap III Tahun 2022 Seri A. Jumlah pelunasan pokok dan pembayaran bunga yang jatuh tempo pada 8 September 2023 itu senilai Rp 1,49 triliun.

Kedua, melakukan pelunasan pokok serta pembayaran bunga keduabelas dari Obligasi Berkelanjutan I Tahap II Tahun 2020 Seri B. Jumlah pelunasan pokok dan pembayaran bunga yang jatuh tempo pada 9 September 2023 ini sebesar Rp 154,87 miliar.

Sumber pendanaan yang dipakai MDKA untuk melunasi pokok dan membayar bunga obligasi tersebut berasal dari penerbitan Obligasi Berkelanjutan IV Tahap III Tahun 2023. Sebagai informasi, dalam Obligasi Berkelanjutan IV Tahun 2023, MDKA menargetkan bisa menghimpun dana hingga Rp 15 triliun.

Baca Juga: Analis Rekomendasikan Beli Saham Indofood CBP (ICBP), Simak Ulasannya

Dari target tersebut, MDKA telah menerbitkan Obligasi Berkelanjutan IV Tahap I senilai Rp 3,1 triliun, Tahap II sebesar Rp 2,5 triliun dan Tahap III senilai Rp 2,56 triliun. 

"Sampai dengan akhir Agustus telah diterbitkan Rp 8,1 triliun. Waktu penerbitan Rp 6,9 triliun akan disesuaikan dengan kondisi Perusahaan dan juga kondisi pasar," kata Head of Corporate Communication MDKA Tom Malik kepada Kontan.co.id, Kamis (14/9).

Tom melanjutkan, aksi penawaran umum perdana saham alias Initial Public Offering (IPO) anak usaha juga menjadi strategi Grup MDKA dalam mendulang dana segar. IPO PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) yang listing pada 18 April 2023 ini pun meraup dana senilai Rp 9,2 triliun.

Selain itu, per 30 Juni 2023 MDKA memiliki fasilitas pinjaman revolving credit facility sebesar US$ 160 juta yang belum ditarik. Sumber-sumber pendanaan tersebut melengkapi arus kas operasional yang dibutuhkan MDKA untuk memenuhi belanja modal (capex) jumbo. 

Tom bilang, untuk tahun ini MDKA mengestimasikan capex senilai US$ 700 juta. Sebagai gambaran saja, jumlah anggaran capex MDKA itu setara dengan Rp 10,74 triliun jika dikonversi menggunakan kurs saat ini sebesar Rp 15.355 per dolar AS.

Tom merinci, capex MDKA itu dialokasikan untuk menunjang tambang emas Tujuh Bukit dan tambang tembaga Wetar sebesar US$ 70 juta, sebanyak US$ 30 juta untuk penyelesaian pra-studi kelayakan proyek tembaga Tujuh Bukit, lalu US$ 110 juta untuk proyek Emas Pani.

Di samping itu, MDKA juga menyiapkan capex sebesar US$ 20 juta untuk pembangunan jetty di Wetar sebagai transportasi ore ke proyek AIM. Sedangkan anggaran untuk proyek AIM mencapai US$ 250 juta, lalu US$ 90 juta untuk tambang nikel SCM Konawe dan US$ 130 juta untuk proyek RKEF ZHN.

Progres Ekspansi MDKA

Tom belum membeberkan realisasi capex yang sudah diserap MDKA sejauh ini. Meski begitu, dia menyampaikan progres sejumlah proyek pengembangan MDKA. Pertama, pra-studi kelayakan untuk proyek Tembaga Tujuh Bukit telah diterbitkan di kuartal II- 2023.

Baca Juga: Harga Ayam Naik, Cek Rekomendasi Saham Japfa Comfeed (JPFA)

Berdasarkan pra-studi kelayakan tersebut, proyek ini akan dibangun secara bertahap, dengan potensi puncak produksi tahunan sebesar 112 ribu ton tembaga dan juga 366 ribu ounces emas.

"Lebih dari itu, proyek-proyek pengembangan lainnya terus berjalan," ungkap Tom.

Kedua, Proyek Emas Pani. Saat ini tengah melakukan studi kelayakan, yang rencananya akan selesai pada kuartal IV-2023. Proyek Emas Pani ini rencananya juga akan dibangun secara bertahap, dengan potensi produksi puncak tahunan sebesar lebih dari 450 ribu ounces emas per tahun. 

Selain itu, anak usaha MDKA, yakni MBMA telah merampungkan pembangunan smelter ketiga, ZHN, dengan kapasitas 50 ribu tonnes nikel NPI per tahun. Pada akhir Mei 2023, MBMA juga menuntaskan akuisisi kepemilikan 60% high grade nickel matte converter (PT HNMI), yang mempunyai rata-rata tingkat produksi 50 ribu tonnes nikel dalam nikel matte per tahun.

 

 

Dari sisi operasional, pada tahun ini MDKA menargetkan produksi 120 ribu - 140 ribu ounces emas, 16 ribu - 20 ribu tonnes tembaga dan 57 ribu - 65 ribu tonnes nikel dalam NPI.

Rekomendasi Saham

Equity Analyst Kanaka Hita Solvera Andhika Cipta Labora melihat strategi pendanaan yang tempuh MDKA bisa menjaga kesehatan fundamental keuangan, sekaligus menopang aksi ekspansi yang sedang gencar digarap MDKA maupun anak usahanya. Hal ini bisa memoles prospek kinerja bisnis Grup MDKA.

Equity Research Analyst Panin Sekuritas Felix Darmawan sepakat ekspansi MDKA yang sejalan dengan penetrasi industri kendaraan listrik (EV), terutama baterai EV akan menjadi katalis positif. Hanya saja, perlu dicatat bahwa karakteristik dari ekspansi ini, terutama untuk hiliriasi nikel relatif jangka panjang.

Research Analyst Infovesta Kapital Advisori Arjun Ajwani mengamani prospek jangka panjang MDKA terbilang apik terdorong prospek industri EV. Namun, untuk tahun ini kinerja MDKA masih dibayang-bayangi oleh melandainya harga komoditas.

Analis Kiwoom Sekuritas Indonesia Abdul Azis Setyo Wibowo menimpali, di tengah fluktuasi harga komoditas, kinerja top line MDKA masih berpotensi tumbuh. Meski begitu, perlu dicermati juga bagaimana strategi MDKA dalam meredam lonjakan pada beban pokok pendapatan.

Terutama untuk menjaga tingkat beban pengolahan dan beban pertambangan.

"Harga minyak yang terus mengalami kenaikan juga bisa menjadi peningkatan beban operasional dari MDKA," kata Azis.

Kendati demikian, Azis menilai secara valuasi MDKA masih menarik dengan EV/EBITDA  12,7 kali, di bawah rata-rata dua tahun pada posisi 20,4 kali. Azis menyarankan buy on weakness saham MDKA dengan resistance di area Rp 3.300 - Rp 3.400.

Secara teknikal, Arjun melihat potensi rebound pada saham MDKA. Dia pun menyematkan rekomendasi buy dengan target harga di Rp 3.450. Felix turut memandang ada potensi upside pada saham MDKA sehingga layak koleksi dengan target harga di Rp 4.000.

Sementara itu, Andhika menyarankan untuk wait and see terlebih dulu. Adapun, pada perdagangan Kamis (14/9) MDKA menguat tipis 0,32% ke harga Rp 3.150 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru