Ini profil Formosa Ingredient, produsen Boba King yang bakal IPO

Rabu, 06 Oktober 2021 | 16:30 WIB   Reporter: Kenia Intan
Ini profil Formosa Ingredient, produsen Boba King yang bakal IPO


RENCANA IPO - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) akan kedatangan perusahaan produsen boba yang melepas sahamnya ke publik. Adalah PT Formosa Ingredient Factory Tbk yang sedang menggelar initial public offering (IPO).

Berdasarkan prospektus yang diterbitkan di laman e-IPO, saham Formosa Ingredient Factory akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 1 November 2021. Masa penawaran awal berlangsung mulai Selasa (5/10) hingga Senin (11/10). Sedangkan masa penawaran umum mulai Jumat (22/10) hingga Kamis (28/10).

Dalam aksi korporasi ini, Formosa Ingredient akan melepas 140 juta lembar saham baru atau setara 12,11%  dari modal ditempatkan dan disetor setelah IPO dengan nominal Rp 50. Harga penawaran dipasang di harga Rp 250 - Rp 280. Dengan demikian, Perseroan meraup dana segar sebesar Rp 35 miliar hingga Rp 39,2 miliar dari gelaran IPO.

Dari dana yang diperoleh, rencananya akan dipergunakan untuk modal kerja perseroan. Modal kerja itu melingkupi pembelian bahan baku, bahan penunjang, biaya operasional dan biaya pemasaran/marketing untuk memperluas jaringan pemasaran dengan pendistribusian ke daerah-daerah lain, serta promosi-promosi yang dilakukan ke daerah lain guna mendukung pertumbuhan Perseroan ke depannya.

Baca Juga: Dorong strategi omnichannel, Hypermart berencana meningkatkan modal

Formosa Ingredient Factory berdiri pada 2016 dan memiliki kegiatan usaha utama pada bidang produksi produk tapioca pearl, topping jelly, popping boba, premium sauce, syrup dan premix powder. Perseroan memproduksi berbagai varian produk dengan merek Boba King.

Perseroan melakukan kerjasama dan kolaborasi dengan Texture Maker Enterprise Co., Ltd yang merupakan perusahaan pemimpin pasar dalam industri food and beverage di Taiwan. Formosa juga bekerjasama dengan PT Kurniamitra Duta Sentosa Tbk terkait distribusi dan pemasaran.

Produk Perseroan juga digunakan oleh berbagai key accounts diantaranya McDonalds, KFC, Hokben, Excelso, Kopi Lain Hati, Xiboba, Kokumi, Haus, Cinema XXI Family Mart, Indomaret Points, Alfa-X dan lain sebagainya

Masih mengutip prospektus, selain produk makanan dan minuman, Formosa juga merupakan distributor atas peralatan pendukung konsumsi makanan dan minuman yaitu waffle and dessert maker.

Baca Juga: Indah Kiat (INKP): Permintaan produk kertas masih menjanjikan

Perseroan secara konsisten aktif pada penetrasi pasar lokal dan pula berorientasi pada pasar ekspor di Asia seperti ke negara Jepang, Filipina, Hongkong, Malaysia, Vietnam dan Korea Selatan.

Ke depannya Perseroan akan membuka jalur ekspor baru ke berbagai mancanegara seperti Amerika, Eropa, Australia dan Afrika yang masih memiliki potensi yang sangat besar.

Selanjutnya: Wahana Interfood (COCO) optimistis target bisnis tahun ini dapat tercapai

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru