Kinerja Dharma Samudera Fishing (DSFI) Moncer di Semester I-2022, Ini Penyebabnya

Jumat, 26 Agustus 2022 | 06:10 WIB   Reporter: Akhmad Suryahadi
Kinerja Dharma Samudera Fishing (DSFI) Moncer di Semester I-2022, Ini Penyebabnya


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja PT Dharma Samudera Fishing Industries Tbk (DSFI) di semester I-2022 moncer. Emiten yang bergerak di bidang pengolahan hasil tangkapan laut ini mencatatkan kenaikan pada penjualan dan laba bersih di periode enam bulan pertama tahun ini.

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, Dharma Samudera Fishing mencetak penjualan sebesar Rp 313,4 miliar. Realisasi penjualan DSFI tdi semester I-2022 itu umbuh 22% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dengan kenaikan penjualan, DSFI juga berhasil mengerek laba bersih hingga melonjak 73,9% secara tahunan. Di mana, DSFI membukukan laba sebesar Rp 14 miliar pada enam bulan pertama 2022.

Ewijaya, Presiden Direktur Dharma Samudera Fishing menyampaikan, kinerja yang solid ini terjadi di tengah berbagai tantangan operasional serta faktor eksternal yang ada. Pertumbuhan kinerja tersebut didorong oleh antara lain perbaikan kondisi perekonomian global, terutama negara-negara tujuan ekspor.

Baca Juga: Dharma Samudera (DSFI) Antisipasi Dampak Resesi AS terhadap Kinerja Ekspor

“Ada juga peningkatan permintaan dari pelanggan-pelanggan pada tengah tahun pertama 2022 serta berbagai langkah penghematan biaya dan peningkatan efisiensi yang terus dilanjutkan oleh Dharma Samudera Fishing,” terang Ewijaya kepada Kontan.co.id, Kamis (25/8)

Ewijaya merinci, pada semester pertama ini, penjualan DSFI masih didominasi oleh penjualan ekspor yang mencapai Rp 295,85 miliar. Amerika Serikat (AS) menjadi pangsa pasar terbesar DSFI.

Ke depan, DSFI akan terus memantau perkembangan kondisi pasar Amerika Serikat, terutama untuk semester kedua tahun ini. Pantauan ini sebagai bagian dari prinsip kehati-hatian.”Sehingga kami dapat mengantisipasi dampak resesi apabila ada ke depannya,” sambung dia.

DSFI juga akan terus berupaya untuk melanjutkan momentum pertumbuhan kinerja yang positif dengan memperluas jaringan penjualan serta memacu penjualan ekspor ke negara tujuan lainnya selain Amerika Serikat dan juga pasar domestik, dengan cara mengembangkan produk-produk yang diminati pasar.

 

 

DSFI optimistis, dengan penerapan strategi penjualan yang tepat serta langkah-langkah efisiensi yang berkelanjutan, dapat mendukung Dharma Samudera Fishing dalam mencapai target kinerja yang telah ditetapkan untuk tahun 2022.

Adapun hingga tutup tahun nanti, DSFI membidik target pertumbuhan penjualan sebesar 22% menjadi Rp 650 miliar, dibandingkan realisasi tahun 2021 yang senilai Rp 532,52 miliar. 

Sementara dari sisi bottom line, DSFI membidik laba bersih mencapai Rp 28,91 miliar. Artinya, target ini lebih tinggi 98,42% dari laba bersih yang direalisasikan pada 2021 sebesar Rp 14,57 miliar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru