Emiten

Nilai tender offer saham Sarana Meditama (SAME) bisa mencapai Rp 248,85 miliar

Selasa, 19 Januari 2021 | 07:00 WIB   Reporter: Wahyu Tri Rahmawati
Nilai tender offer saham Sarana Meditama (SAME) bisa mencapai Rp 248,85 miliar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) mulai menggelar penawaran tender wajib atas sebanyak-banyaknya 1,66 miliar saham PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) yang dimiliki oleh pemegang saham publik. Pada tender offer ini, Emtek akan membeli sebanyak-banyaknya 28,12% atau seluruh sisa saham publik.

Berdasarkan pengumuman penawaran tender wajib saham SAME oleh Emtek pada Jumat (15/1) lalu, Emtek akan membeli saham emiten rumah sakit ini dengan harga Rp 150 per saham. Jika seluruh pemegang saham publik SAME menjual sahamnya, maka Emtek harus merogoh kocek total Rp 248,85 miliar. 

Penetapan harga Rp 150 per saham merupakan harga tertinggi antara harga pengambilalihan yang sudah dilakukan dan rata-rata harga tertinggi perdagangan harian di BEI selama 90 hari kalender sebelum pengumuman pengambilalihan Sarana Meditama. Masa penawaran tender wajib atas saham SAME berlangsung mulai 18 Januari 2021 hingga 16 Februari 2021. Sedangkan tanggal penyelesaian pada 19 Februari 2021.

Mandiri Sekuritas akan bertindak sebagai perusahaan efek yang ditunjuk untuk melaksanakan pembelian saham publik. "Perusahaan tidak memiliki rencana untuk melikuidasi perusahaan sasaran atau menghapus pencatatan saham (delisting) perusahaan sasaran di Burs Efek Indonesia atau melakukan upaya go private," ungkap EMTK dalam pengumuman penawaran tender wajib.

Baca Juga: Sarana Meditama dapat persetujuan rights issue, ini rencana penggunaan dananya

Mandatory tender offer ini merupakan kelanjutan dari akuisisi saham SAME oleh Emtek hingga memiliki 71,88%. Sekadar mengingatkan, Emtek membeli 71,88% saham SAME dengan total nilai Rp 581,02 miliar.

Harga pembelian saham Sarana Meditama ini sebesar Rp 137 per saham. Penyelesaian akuisisi saham ini dilakukan pada 30 November 2020. 

Emtek mengakuisisi Sarana Meditama untuk diversifikasi portofolio. Penawaran tender wajib ini dilakukan untuk memenuhi kewajiban pengambilalihan.

Jika setelah tender offer kepemilikan Emtek pada SAME mencapai lebih dari 80%, maka pengendali baru wajib mengalihkan saham SAME kepada masyarakat sehingga saham yang dimiliki masyarakat paling sedikit 20% dalam jangka waktu paling lama dua tahun sejak penawaran tender wajib selesai.

Kemarin, harga saham SAME ditutup merosot 6,52% ke Rp 344 per saham.

Baca Juga: Aksi Korporasi Memoles Saham Grup Elang Mahkota (EMTK)

Editor: Wahyu T.Rahmawati


Terbaru