Pan Brothers (PBRX) akan terbitkan obligasi global US$ 350 juta, berapa bunganya?

Senin, 04 Januari 2021 | 07:40 WIB   Reporter: Nur Qolbi
Pan Brothers (PBRX) akan terbitkan obligasi global US$ 350 juta, berapa bunganya?


EMITEN - JAKARTA. Emiten tekstil dan garmen PT Pan Brothers Tbk (PBRX) akan menerbitkan obligasi global (notes) senilai US$ 350 juta. PBRX menetapkan bunga maksimal 11% per tahun. Obligasi yang memiliki jangka waktu lima tahun ini akan dicatatkan di Singapore Exchange Securities Trading Limited (SGX-ST).

Penerbitan surat utang ini termasuk transaksi material karena nilai obligasi lebih dari 50% ekuitas perusahaan. Oleh karena itu, manajemen Pan Brothers akan meminta persetujuan pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Rabu, 6 Januari 2021 pukul 09.00 WIB. Lokasinya di Financial Hall, Lantai 2, Graha CIMB Niaga, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 58, Jakarta Selatan.

Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, Rabu (30/12), setelah dikurangi biaya emisi dan lain-lain, dana hasil penerbitan notes tersebut bakal digunakan untuk pembiayaan kembali (refinancing) dua utang Pan Brothers. Kemudian sisanya akan dimanfaatkan sebagai modal kerja perusahaan.

Baca Juga: Bakal rilis obligasi global, PBRX optimistis likuiditas aman 5 tahun ke depan

Kewajiban pertama adalah utang sindikasi sebesar US$ 138,5 juta. Jumlah tersebut belum termasuk bunga dan biaya lain-lain. Besaran bunga dan biaya lain yang harus dibayarkan pada bulan Januari 2021 diperkirakan sebesar US$ 332 ribu.

Kewajiban kedua, global notes dengan jumlah pokok terutang sebesar US$ 171,08 juta. Besaran tersebut juga belum termasuk kupon dan biaya lainnya. Bunga dan biaya lain yang harus dibayarkan pada bulan Januari 2021 diperkirakan sebesar US$ 6,5 juta.

Namun, bila obligasi global yang diterbitkan tidak bisa mencapai US$ 350 juta, maka prioritas penggunaan dana adalah untuk refinancing global notes dengan pokok terhutang US$ 171,08 juta.

Obligasi global sebesar US$ 350 juta ini rencananya diterbitkan dengan skema pembayaran pokok pada akhir jatuh tempo. Dengan begitu, manajemen Pan Brothers berharap, perusahaan dapat tetap menjaga likuiditas keuangan. Penerbitan obligasi global ini kan dijamin dengan jaminan perusahaan (corporate guarantee) oleh sebagian atau seluruh entitas anak penjamin.

 

Selanjutnya: Pan Brothers (PBRX) tingkatkan kapasitas produksi tahun depan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru