Sejumlah indeks bursa dievaluasi, simak saran analis

Selasa, 27 Juli 2021 | 22:39 WIB   Reporter: Kenia Intan
Sejumlah indeks bursa dievaluasi, simak saran analis

ILUSTRASI. Karyawan melintas di dekat layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bursa Efek Indonesia mengumumkan telah melakukan evaluasi mayor terhadap beberapa saham di bursa, Senin (26/7). Menurut catatan Kontan.co.id, beberapa indeks yang dirombak seperti LQ45, IDX30, IDX80, KOMPAS100, PEFINDO25, dan Infobank15.

Kepala Riset NH Korindo Sekuritas Anggaraksa Arismunandar mencermati, investor bisa memanfaatkan momentum evaluasi mayor indeks-indeks saham tersebut untuk mendapat cuan.

Akan tetapi perlu diperhatikan, kenaikan harga yang  terjadi pada saham-saham baru suatu indeks hanya bersifat jangka pendek. Kenaikan harga pun tidak melulu akan terjadi pada saham-saham baru suatu indeks.

Baca Juga: Pandangan MI terhadap rebalancing pada IDX30, IDX80 dan LQ45

Ia mencontohkan, PT Barito Pacific Tbk (BRPT) yang langsung melesat setelah diumumkan masuk ke dalam tiga indeks saham sekaligus seperti LQ45, IDX30, IDX80. Akan tetapi, hal serupa tidak terjadi pada saham-saham lain yang menjadi konstituen baru suatu indeks.

"Kalau memang ada momentum, kemungkinan sifatnya hanya jangka pendek. Dalam jangka panjang, pergerakan harga akan lebih dipengaruhi faktor-faktor seperti kinerja perusahaan, prospek usaha, sentimen aksi korporasi, maupun mekanisme pasar," jelasnya kepada Kontan.co.id, Selasa (27/7).

Begitu pula dengan saham-saham yang terdepak dari suatu indeks. Pergerakan harganya tidak dijamin ikut melorot. Anggaraksa mencermati, keluarnya saham dari suatu indeks tidak selalu berarti kinerja harganya memburuk.

Ada kemungkinan, saham-saham terdepak karena volume transaksi yang menurun, sehingga tidak memenuhi syarat sebagai konstituen.

 

 

Editor: Yudho Winarto
Terbaru