Supra Boga Lestari (RANC) Anggarakan Capex Rp 74 Miliar pada Tahun Ini

Rabu, 07 Juni 2023 | 08:45 WIB   Reporter: Vina Elvira
Supra Boga Lestari (RANC) Anggarakan Capex Rp 74 Miliar pada Tahun Ini


EMITEN - JAKARTA. Emiten ritel, PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) terus melanjutkan agenda ekspansi penambahan jaringan toko di sepanjang tahun 2023. Pihaknya menargetkan untuk dapat membuka tiga toko ritel baru secara bertahap di tahun ini. 

Direktur Supra Boga Lestari Hady Purnama mengungkapkan bahwa perseroan sudah merealisasikan penambahan jaringan toko ritel dengan membuka dua toko baru hingga April 2023. Kedua toko tersebut berlokasi di Jakarta dan Sulawrsi. 

“Kami sudah membuka jaringan Farmers Market dan Ranch Market. Yakni di Alam Sutera Ranch Market pada Januari lalu dan kami buka Farmers Market di Makassar pada bulan April,” ungkap Hady, dalam acara Paparan Publik pada Selasa (6/5). 

Baca Juga: Supra Boga Lestari (RANC) Absen Bagi Dividen Tahun Buku 2022, Ini Alasannya

Untuk menyukseskan agenda ekspansinya tersebut, Supra Boga Lestari menyiapkan alokasi belanja modal atau capital expenditure (Capex) sebesar Rp 74 miliar. Dana capex tersebut disiapkan sebagai modal untuk membuka tiga toko baru serta melakukan renovasi terhadap beberapa toko eksisting

Adapun, per kuartal I-2023 dana capex tersebut sudah terserap sebesar 50% atau sebesar Rp 37 miliar. Di mana, mayoritas dana capes tersebut digunakan untuk pembangunan toko baru. 

“Kira-kira kami sudah menggunakan capex sekitar 50%, karena memang kami sudah lakukan pembukaan toko di kuartal pertama  dan kuartal kedua. Selanjutnya penggunaan mungkin untuk renovasi toko,” jelasnya.  

Hingga akhir Maret 2023, RANC terpantau membukukan penurunan kinerja keuangan. Pendapatan bersih perseroan menurun 3,48%, dari semula Rp 738,86 miliar di kuartal I-2023, menjadi Rp 713,07 miliar pada kuartal pertama tahun ini. 

Menurut Hady, menurunnya kinerja pendapatan tersebut salah satunya disebabkan oleh adanya beberpa toko yang sedang direnovasi. Sehingga berpengaruh terhadap penurunan sales di toko-toko tersebut. 

Meski demikian, pihaknya berharap akan ada tren perbaikan pada kuartal-kuartal berikutnya. Terlebih lantaran adanya pembukaan toko baru yang dilakukan selama kurun waktu empat bulan tahun 2023. 

 

 

“Hasil kuartal I-2023 penjualan ada penurunan sedikit, itu karena mungkin ada beberapa outlet yang sedang renovasi, kami harapkan bahwa untuk kuartal IV dan kurtal III bisa membaik,”  sebutnya.

Dari sisi bottom line, RANC masih mencatatkan rugi periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 15,84 miliar. Angka itu menyusut dibandingkan kerugian pada periode yang sama tahun 2022 yang tercatat sebesar Rp 22,34 miliar.

Untuk diketahui, per 31 Desember 2022, RANC telah mengoperasikan 70 toko di Jabodetabek, Surabaya, Malang, Gresik, Semarang, Dumai, Pekanbaru, Palembang, Balikpapan, Samarinda dan Ambon, yang terdiri dari 19 Ranch Market, 35 Farmers Market, 2 The Gourmet by Ranch Market, 3 Day2Day by Farmers Market, 10 Farmers Family by Farmers Market, dan 1 Pasarina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru