The Fed Bakal Lebih Agresif, Wall Street Tak Berdaya

Rabu, 13 April 2022 | 08:00 WIB Sumber: Reuters
The Fed Bakal Lebih Agresif, Wall Street Tak Berdaya


WALL STREET - NEW YORK. Wall Street berbalik arah dengan tiga indeks utama ditutup melemah usai terbebani pergerakan sektor perawatan kesehatan dan sektor keuangan. Padahal, di awal perdagangan, bursa saham Amerika Serikat (AS) ini reli.

Selasa (12/4), indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 87,72 poin atau 0,26% menjadi 34.220,36, indeks S&P 500 melemah 15,08 poin atau 0,34% ke 4.397,45 dan indeks Nasdaq Composite koreksi 40,38 poin atau 0,3% ke 13.371,57.

Pada perdagangan ini, sektor energi menikmati persentase kenaikan terbesar di antara 11 sektor utama di indeks S&P 500 usai melonjak 1,7%. Hal tersebut didukung oleh lonjakan harga minyak mentah.

Pergerakan bursa saham di AS yang berbalik arah dimulai setelah pernyataan dari Anggota Dewan Gubernur Fed Lael Brainard, yang menegaskan kembali perlunya bank sentral untuk "secara cepat" menghadapi inflasi yang tinggi selama beberapa dekade.

Baca Juga: Wall Street Menguat Setelah Inflasi AS Sesuai Dengan Perkiraan

"Komentar yang keluar dari pejabat The Fed lebih hawkish daripada yang diantisipasi pasar," kata Paul Nolte, Portfolio Manager Kingsview Asset Management di Chicago.

"(Brainard) umumnya tidak mencolok, tapi sekarang dia lebih tegas dalam komentarnya, dan itu membuat orang duduk dan memperhatikan," lanjut Nolte.

Di sisi lain, laporan CPI dari Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan harga yang dibayar konsumen perkotaan AS untuk sekeranjang barang mencatat lompatan bulanan terbesar sejak September 2005. Itu membuat inflasi tahunan AS melonjak menjadi 8,5% yoy, angka inflasi tahunan terpanas dalam lebih dari empat dekade.

Sebagian besar pertumbuhan CPI teratas disebabkan oleh lonjakan bulanan dari harga bensin yang capai 18,3%, ke rekor tertinggi US$ 4,33 per galon.

Laporan tersebut tidak banyak mempengaruhi ekspektasi mengenai kenaikan suku bunga yang akan datang dari The Fed.

"Ini pengulangan The Fed tidak bisa duduk di sini," tambah Nolte. "Mereka harus bergerak, setelah tergesa-gesa."

Baca Juga: Inggris: Jika Rusia Gunakan Senjata Kimia di Ukraina, Semua Opsi Ada di Atas Meja

Keuntungan di awal sesi juga berkurang setelah lelang US Treasury tenor 10-tahun senilai US$ 34 miliar yang buruk, yang membantu imbal hasil obligasi acuan tersebut memantul dari posisi terendah sesi.

Musim pendapatan kuartal pertama meledak melalui gerbang awal akhir pekan ini, dengan bank-bank besar memimpin.

Analis telah menahan optimisme kuartal pertama mereka. Pertumbuhan pendapatan tahunan S&P 500 baru-baru ini diperkirakan 6,1%, turun dari 7,5% pada awal tahun.

Dalam sesi ini, saham CrowdStrike Holdings Inc naik 3,2% setelah Goldman Sachs meningkatkan rekomendasi saham perusahaan keamanan siber menjadi "beli", mengutip peningkatan permintaan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru