Wall Street: S&P 500 dan Dow Jones menguat, Nasdaq tertahan debat plafon utang AS

Kamis, 30 September 2021 | 08:00 WIB Sumber: Reuters
Wall Street: S&P 500 dan Dow Jones menguat, Nasdaq tertahan debat plafon utang AS


WALL STREET - NEW YORK. Wall Street rebound dengan dua indeks utama ditutup menguat. Namun, debat terkait plafon utang pemerintah Amerika Serikat (AS) yang sedang berlangsung membatasi kenaikan.

Indeks S&P 500 dan Dow Jones naik, tetapi Nasdaq Composite ditutup lebih rendah karena imbal hasil US Treasury menghentikan kenaikan mereka. Sektor pertahanan memimpin karena investor mencari stabilitas di pasar yang bergejolak.

Walau begitu, ketiga indeks saham itu tetap berada di jalur untuk mencatat penurunan bulanan, dengan S&P 500 yang menjadi penentu keunggulan, menghentikan penguatan beruntun selama tujuh bulan terakhir.

Rabu (29/9), Dow Jones Industrial Average ditutup naik 0,26% menjadi 34.390,72, indeks S&P 500 menguat 0,16% ke 4.359,46, Namun, indeks Nasdaq Composite masih melemah 0,24% jadi 14.512,44.

Dari 11 sektor utama di S&P 500, sektor material mengalami penurunan persentase terbesar. Sedangkan, sektor utilitas memimpin dengan kenaikan 1,3%.

Sementara itu, saham Boeing Co memberikan dorongan terbesar ke indeks Dow Jones setelah tes 737 MAX dinyatakan sukses oleh regulator penerbangan China. Alhasil, saham pembuat pesawat itu naik 3,2%.

Baca Juga: Wall Street menguat, saham Boeing menyokong Dow dan S&P 500

"Cerita yang sama telah kami lihat selama beberapa minggu," kata Oliver Pursche, Senior Vice President Wealthspire Advisors, di New York.

"Investor khawatir tentang tiga hal: penurunan pembelian obligasi oleh The Fed, inflasi yang sedang berlangsung dengan Ketua Powell mengatakan itu akan bertahan lebih lama dari yang diperkirakan, dan masalah plafon utang yang sedang dihadapi kongres," lanjut dia.

Powell, berbicara di acara European Central Bank menyatakan, frustrasi atas kesengsaraan rantai pasokan yang terus-menerus yang dapat membuat inflasi meningkat lebih lama dari yang diharapkan.

Pasar saham menguat setelah mendengar sambutan Powell tersebut.

"Powell sangat baik dalam menyampaikan berita secara resmi yang semua orang tahu akan datang," ujar Pursche.

Perselisihan berlanjut di Capitol Hill atas pendanaan pemerintah saat batas waktu pada Jumat (1/10) untuk mencegah penutupan semakin dekat, dengan meningkatnya kekhawatiran atas default kredit AS.

Imbal hasil US Treasury berhenti setelah kenaikan dalam beberapa hari terakhir karena debat plafon utang yang terus berlangsung di Washington.

Pada perdagangan kali ini, pengecer diskon, Dollar Tree Inc, melonjak 16,5% setelah meningkatkan otorisasi pembelian kembali sebesar US$ 1,05 miliar menjadi US$ 2,5 miliar.

Serupa, saham produsen obat Eli Lilly & Co naik 4,0% karena Citigroup mengerek peringkat perusahaan menjadi "beli" dari sebelumnya "netral."

 

Selanjutnya: Investor miliarder ini bilang, pasar Bitcoin dalam kondisi yang baik

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru