Wall Street Sumringah: Dow Jones, S&P 500 dan Nasdaq Rally di Awal Pekan

Selasa, 13 Desember 2022 | 08:00 WIB Sumber: Reuters
Wall Street Sumringah: Dow Jones, S&P 500 dan Nasdaq Rally di Awal Pekan


WALL STREET - NEW YORK. Wall Street reli dengan investor yang bersiap untuk data inflasi pada hari Selasa (13/12) dan pengumuman kebijakan dari Federal Reserve pada tengah pekan nanti. Tiga indeks utama pun ditutup menguat lebih dari 1% pada perdagangan awal pekan ini.

Senin (12/12), indeks Dow Jones Industrial Average ditutup menguat 528,58 poin atau 1,58% menjadi 34.005,04, indeks S&P 500 naik 56,18 poin atau 1,43% ke 3.990,56 dan indeks Nasdaq Composite menguat 139,12 poin atau 1,26% ke 11.143,74.

Reli menandai persentase kenaikan satu hari terbesar untuk masing-masing dari tiga indeks utama sejak 30 November 2022. Masing-masing dari 11 sektor di indeks utara S&P mengakhiri sesi di wilayah positif.

Di mana, saham Microsoft Corp naik 2,89% menyusul kesepakatan raksasa teknologi itu untuk membeli 4% saham di London Stock Exchange Group, membantu meningkatkan masing-masing dari tiga indeks utama.

Sejalan, saham Pfizer juga menguat 0,85% setelah pembuat obat memberikan perkiraan pendapatan dari vaksin di seluruh portofolionya.

Baca Juga: Wall Street Menghijau Memulai Pekan Ini, Menanti Data Inflasi dan Keputusan The Fed

Setelah kenaikan kuat pada bulan Oktober dan November, indeks acuan S&P 500 sempat tersandung keluar dari gerbang pada bulan Desember, dan mengalami penurunan persentase mingguan terbesar dalam hampir tiga bulan karena data ekonomi beragam membantu memicu kekhawatiran resesi.

Data inflasi konsumen akan dipantau secara ketat pada hari Selasa, dan diperkirakan akan menunjukkan harga naik sebesar 7,3% pada bulan November secara tahunan, melambat dari inflasi 7,7% pada bulan sebelumnya.

Sedangkan pembacaan untuk inflasi inti, yang tidak termasuk makanan dan energi, diperkirakan menunjukkan peningkatan 6,1% dari realisasi inflasi inti di bulan sebelumnya yang mencapai 6,3%.

"Pasar menetapkan harga dalam 6 pegangan pada CPI besok dengan target 7,3% dan jika memiliki pegangan 6 di atasnya, maka itu akan menjadi alasan yang cukup untuk membuat semua bersemangat, setidaknya untuk jangka pendek," kata Ken Polcari, Managing Partner Kace Capital Advisors di Boca Raton, Florida.

"Hal lainnya adalah mereka sekali lagi mengharapkan Jerome Powell untuk keluar dan memiliki nada dovish, yang akan menjadi kesalahan besar. Jerome Powell harus berhenti memberikan kecenderungan kepada siapa pun bahwa mereka melunak atau mereka bersikap dovish."

Laporan inflasi yang lebih dingin dari perkiraan akan membantu mendukung keyakinan bahwa tindakan kebijakan agresif yang diambil oleh The Fed tahun ini untuk memperlambat ekonomi sedang berlangsung. Bank sentral secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga acuan 50 basis poin pada hari Rabu (14/12), yang akan menandai penurunan dari kenaikan 75 basis poin dalam empat pertemuan terakhir.

Pergerakan bursa saham yang lebih lemah pada hari Jumat (9/12) setelah pembacaan harga produsen untuk bulan November yang lebih dari yang diharapkan, meskipun itu menunjukkan tren sedang.

Baca Juga: IHSG Kembali Ditutup Menguat, Begini Proyeksinya Hingga Akhir Tahun

Kekhawatiran The Fed akan membuat kesalahan kebijakan dan memiringkan ekonomi ke dalam resesi telah membebani Wall Street di tahun ini, dengan S&P 500 turun sekitar 16% dan berada di jalur penurunan tahunan pertama sejak 2018 dan persentase penurunan terbesar sejak 2008.

Pada sesi kali ini, saham Rivian Automotive Inc merosot 6,16% setelah perusahaan menghentikan diskusi kemitraannya dengan Mercedes-Benz Vans pada produksi van listrik di Eropa.

Saham perusahaan bioteknologi Horizon Therapeutics Plc melonjak 15,49% menyusul tawaran pembelian dari Amgen Inc. Sementara saham Coupa Software Inc melonjak 26,67% setelah setuju untuk menjual dirinya ke perusahaan ekuitas swasta Thoma Bravo LLC.

Saham Weber Inc melesat 23,23% setelah perusahaan memasak luar ruangan setuju untuk diambil alih oleh pemegang saham pengendali BDT Capital Partners LLC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru