Emiten

Ada pandemi, Jakarta Setiabudi Internasional (JSPT) cetak rugi bersih Rp 155 miliar

Kamis, 03 Desember 2020 | 17:10 WIB   Reporter: Ika Puspitasari
Ada pandemi, Jakarta Setiabudi Internasional (JSPT) cetak rugi bersih Rp 155 miliar


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pandemi Covid-19 menekan kinerja perusahaan investasi dan pengembang properti yakni PT Jakarta Setiabudi Internasional Tbk (JSPT). Buktinya, dalam sembilan bulan pertama tahun ini, perusahaan harus menderita rugi bersih sebesar Rp 155,3 miliar. 

Padahal, di periode yang sama tahun 2019, JSPT masih cetak laba bersih sebesar Rp 65 miliar.  

Rugi bersih yang didapat perusahaan terjadi karena pendapatan JSPT juga turun hingga menjadi Rp 426,8 miliar di periode Januari hingga September 2020. Realisasi ini turun 55% dari periode yang sama tahun sebelumnya. 

\Chandra Putra Asali, Direktur JSPT menjelaskan, pendapatan dari divisi residensial tidak terlalu terdampak adanya pandemi virus corona (Covid-19). Namun divisi perkantoran dan ritel mengalami penurunan sekitar 15% dan pendapatan dari divisi perhotelan menyusut sekitar 60%.

Baca Juga: Perbaikan ekonomi jadi prospek positif bagi portofolio saham di tahun depan

"Pandemi Covid-19 memberikan dampak cukup signifikan terutama untuk divisi perhotelan," ungkap Chandra, Rabu (3/12).

Seperti yang diketahui, saat ini perusahaan mengoperasikan 10 hotel dengan total kamar 3.688 kamar. Yang mana 50% dari total kamar tersebut berada di pulau Bali. 

Selama pandemi Covid-19, pariwisata di Bali tertutup dari wisatawan mancanegara. Hal ini membuat pendapatan perusahaan tersebut tertekan.

Di tengah gempuran pandemi Covid-19, Chandra menjelaskan, perusahaan tersebut telah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi dampak lebih lanjut dari pandemi Covid-19. 

Salah satunya dengan melakukan efisiensi dan peninjauan ulang alokasi belanja modal untuk tahun ini maupun 2021.

 

Selanjutnya: Ada pandemi, Jakarta Setiabudi (JSPT) fokus rampungkan proyek pengembangan

 

Editor: Anna Suci Perwitasari


Terbaru