Akan Buyback Saham, Merdeka Copper Gold (MDKA) Siapkan Dana Rp 600 Miliar

Kamis, 05 Mei 2022 | 07:30 WIB   Reporter: Yuliana Hema
Akan Buyback Saham, Merdeka Copper Gold (MDKA) Siapkan Dana Rp 600 Miliar


EMITEN - JAKARTA. PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) akan membeli kembali (buyback) saham. MDKA telah mengalokasikan dana untuk aksi tersebut maksimal sebesar Rp 600 miliar dan akan dilakukan secara bertahap.

"Perseroan berencana untuk melakukan pembelian kembali atas saham MDKA yang telah dikeluarkan untuk sebanyak-banyaknya 0,5% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan," tulis manajemen MDKA dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, Rabu (4/5).

Adapun alokasi dana maksimum sebesar Rp 600 miliar. Aksi korporasi ini akan dilakukan secara bertahap dalam waktu paling lama 18 bulan sejak disetujuinya buyback oleh Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 10 Juni 2022 atau selambat-lambatnya sampai dengan 10 Desember 2023.

Sementara itu, harga penawaran atas pembelian kembali saham akan mengacu kepada pasal 10 dan Pasal 11 POJK 30/2017. MDKA akan menunjuk PT Indo Premier Sekuritas untuk melakukan buyback saham melalui bursa.

Baca Juga: Saham-Saham Grup Saratoga Melesat Sejak Awal Tahun, Simak Rekomendasi Analis

Manajemen MDKA mengungkapkan, aksi buyback ini dilakukan satunya untuk memberi fleksibilitas yang memungkinkan perusahaan menjaga stabilitas harga saham jika harga tersebut tidak mencerminkan nilai atau kinerja yang sebenarnya.

Selain itu, pembelian kembali saham ini juga dalam rangka program insentif jangka panjang bagi tau long term incentive (LTI) bagi karyawan dan/atau direksi dan/atau dewan komisaris Merdeka Copper dan/atau anak perusahaan untuk memacu kinerja.

MDKA memperkirakan pelaksanaan buyback saham tidak akan menimbulkan dampak penurunan terhadap pendapatan. Manajemen juga berharap aksi korporasi ini tidak akan mempengaruhi kegiatan usaha dan operasional perseroan.

“Dengan adanya pembelian kembali saham MDKA akan membuat harga saham di masa yang akan datang menjadi lebih stabil dan berdampak positif bagi pemegang saham dan perseroan,” tulis manajemen.

Sekadar informasi, pada akhir perdagangan Kamis (28/4), saham MDKA stagnan di level Rp 5.300 per saham. Sepanjang hari saham MDKA bergerak dalam rentang Rp 5.250 - Rp 5.425. Secara year to date, saham MDKA telah melesat 38,13%.

Baca Juga: Saratoga Investama Sedaya (SRTG) Mencatat Pertumbuhan NAV Positif di Kuartal I-2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru