Buyung Poetra Sembada (HOKI) sudah serap capex sebesar 50% di kuartal I 2021

Sabtu, 10 Juli 2021 | 11:05 WIB   Reporter: Amalia Nur Fitri
Buyung Poetra Sembada (HOKI) sudah serap capex sebesar 50% di kuartal I 2021

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) menyatakan hingga kuartal I 2021 sudah menyerap capex sebanyak 50% dari total capex yang dialokasikan tahun ini.

Budiman Susilo Direktur HOKI menjelaskan tahun ini menyiapkan dana Rp100 miliar sebagai capex yang berasal dari kas internal perusahaan serta pinjaman bank.

"Hingga Kuartal I 2021, capex sudah digunakan sekitar 50% atau sebesar Rp48,58 miliar. Belanja modal akan digunakan untuk melanjutkan pembangunan pabrik baru di Sumatra Selatan, menambah mesin pengering (dryer machine) dan mesin pecah kulit di pabrik Subang, Jawa Barat, serta investasi diversifikasi produk baru," jelas Budiman saat dihubungi oleh Kontan, Kamis (8/7).

Memasuki semester II 2021, HOKI sendiri masih berpegang pada rencana yang dicanangkan sejak awal. Pihaknya akan memasuki area-area yang belum digarap.

Baca Juga: Buyung Poetra Sembada Memacu Kinerja Tahun Ini

Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan diversifikasi produk melalui anak usaha PT Distribusi Niaga yang bergerak di sektor consumer goods. "Agenda lain yang menjadi strategi kami, yaitu akan meningkatkan kontribusi dari channel modern-trade serta akan mencoba wilayah-wilayah yang belum dimasuki," sambungnya.

HOKI juga akan meningkatkan total kapasitas produksi dengan melanjutkan pembangunan pabrik baru di wilayah Tugumulyo, Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan. Dengan demikian, total kapasitas produksi seluruh pabrik HOKI menjadi 75 ton/jam pada tahun 2021 dan akan menjadi 95 ton/jam pada tahun 2022.

 

 

Tak hanya itu, HOKI juga tengah melakukan optimisasi biaya dan peningkatan margin dengan menambahkan mesin pengering dan pecah kulit di pabrik Subang, Jawa Barat. HOKI juga terus fokus dalam meningkatkan penerapan praktik keberlanjutan atau Environmental, Social, and Governance (ESG).

"Setelah mendapatkan sertifikasi keberlanjutan secara global dari Planet Mark, saat ini kami sedang mengembangkan kulit padi (sekam) menjadi energi alternatif atau bahan bakar ramah lingkungan sebagai bentuk kepedulian untuk terus menjaga kelestarian lingkungan," ujarnya.

Selanjutnya: Targetkan kinerja tumbuh hingga 15%, ini rencana bisnis Buyung Poetra Sembada (HOKI)

 

Editor: Handoyo .
Terbaru