Didorong Pemulihan Ekonomi, Prospek Saham ACES Diyakini Masih Menarik

Senin, 28 Maret 2022 | 22:53 WIB   Reporter: Hikma Dirgantara
Didorong Pemulihan Ekonomi, Prospek Saham ACES Diyakini Masih Menarik

ILUSTRASI. Petugas memeriksa kipas angin yang dijual pada gerai Ace Hardware.


REKOMENDASI SAHAM - JAKARTA. Sepanjang tahun ini, kinerja PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) masih dalam tekanan. Same Sales Store Growth (SSSG) emiten ritel ini masih mengalami kontraksi pada Januari dan Februari.

Sementara itu, harga sahamnya juga berada dalam zona merah karena sudah melemah 26,45% secara year to date. Kendati begitu, secara jangka panjang ACES dinilai masih punya potensi untuk memperbaiki kinerja dan berprospek menarik.

Analis Kiwoom Sekuritas Indonesia Abdul Azis mengatakan, saham ACES masih menarik untuk dikoleksi dalam jangka panjang. Menurutnya, ACES diuntungkan dengan mulai pulihnya mobilitas masyarakat.

Apalagi, berdasarkan data Bank Indonesia penjualan alat rumah tangga mengalami pemulihan di mana pada Februari 2022 tercatat -2.5% (Januari 2022: -2.7%).

Baca Juga: Pertumbuhan Penjualan Ace Hardware (ACES) Terkontraksi, Simak Rekomendasi Sahamnya

“Walaupun masih tercatat negatif, seiring pemulihan ekonomi dan mobilitas masyarakat yang membaik, maka data penjualan alat rumah tangga akan membaik secara bertahap pada tahun ini sehingga dapat memperbaiki kinerja dari ACES,” kata Abdul kepada Kontan.co.id, Senin (28/3).

Sementara tim riset RHB Sekuritas dalam risetnya pada 15 Maret 2022 menuliskan, kenaikan kasus Covid-19 varian Omicron memang telah membatasi kinerja ACES pada dua bulan pertama di tahun ini. Namun, level terburuk untuk ACES sudah terlewati.

Seiring melandainya kasus Covid-19, RHB Sekuritas mengantisipasi kembali kelanjutan pertumbuhan kinerja ACES pada sisa tahun ini.

Terlebih lagi, dengan kembalinya tingkat mobilitas dan tingkat kunjungan ke mall, pada akhirnya akan ikut meningkatkan frekuensi transaksi, yang dalam dua bulan pertama di tahun ini tertahan akibat lonjakan kasus Covid-19.

Apalagi, 60-70% gerai ACES berada di pulau Jawa, sehingga pelonggaran pembatasan sosial akan jadi katalis positif.

Baca Juga: IHSG Berpotensi Reli, Ini Rekomendasi Samuel Sekuritas Untuk BUKA, MDKA, LSIP, ACES

“Kami memproyeksikan ACES akan membukukan kinerja yang kuat pada kuartal II-2022 mendatang. Apalagi dengan adanya momen Lebaran yang akan mendorong permintaan terhadap barang-barang dekorasi rumah,” tulis tim riset RHB Sekuritas.

Tim riset RHB Sekuritas juga melihat kenaikan inflasi cenderung berdampak minim terhadap kinerja ACES ke depan. Hal ini lantaran target pasar ACES adalah kelompok menengah-atas yang jauh lebih tangguh di hadapan kenaikan inflasi.

Ditambah lagi, target market ini dinilai tidak akan keberatan jika harus dibebankan kenaikan biaya produk.

Lebih lanjut, dengan minimnya potensi pemberlakuan pembatasan sosial secara ketat di masa yang akan datang, maka efisiensi operasional ACES seharusnya bisa terus membaik. Hal tersebut pada akhirnya akan membantu mendorong margin ACES ke depan.

Selain diuntungkan pemulihan ekonomi dan mobilitas masyarakat, Abdul melihat ACES memiliki penjualan online yang cukup solid. Tercermin dari penjualan online yang memiliki kontribusi mencapai 20% pada 2020. Padahal, pada 2019 penjualan online hanya berkontribusi 1% terhadap keseluruhan pendapatan.

Baca Juga: Sampai Akhir 2022, ACE Hardware Indonesia (ACES) Berencana Buka 15 Gerai Baru

Lalu, selain mengandalkan website Ruparupa, ke depannya dengan ACES yang masuk ke dalam pasar e-commerce akan semakin mendorong kontribusi penjualan online terhadap total penjualan.

“Sementara secara fundamental, ACES memiliki dividend yield cukup besar dibanding kompetitornya. Tercatat, dividend yield ACES tercatat sebesar 3,17%,” imbuh Abdul.

Oleh karena itu, Abdul saat ini masih memasang rekomendasi buy dengan target harga Rp 1.565 untuk 12 bulan ke depan. Sedangkan RHB Sekuritas juga merekomendasikan beli, namun dengan target harga Rp 1.480 per saham.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru