Harga Saham EXCL 10 Agustus 2022 Turun 13,92% Ytd, Analis Malah Rekomendasi beli

Kamis, 11 Agustus 2022 | 08:30 WIB   Reporter: Adi Wikanto, Yuliana Hema
Harga Saham EXCL 10 Agustus 2022 Turun 13,92% Ytd, Analis Malah Rekomendasi beli


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Harga saham PT XL Axiata Tbk (EXCL) hingga 10 Agustus 2022 masih mencatatkan penurunan dibandingkan pada awal tahun. Namun analis malah rekomendasi beli saham EXCL pada perdagangan hari ini, Kamis 11 Agustus 2022.

Harga saham EXCL pada perdagangan Rabu 10 Agustus 2022 ditutup di level 2.720 naik 110 poin atau 4,21% dibandingkan sehari sebelumnya.

Kenaikan harga saham EXCL itu melanjutkan tren positif yang berlangsung sejak 20 Juni 2022. Pada periode itu, harga saham EXCL berada di level 2.320, terendah dalam setahun terakhir.

 

 

Namun dibandingkan pada awal tahun 2022, harga saham EXCL saat ini masih lebih rendah. Secara year to date (ytd), harga saham EXCL terkoreksi 440 poin atau 13,92%.

Meski harga saham EXCL secara ytd turun, tapi analis rekomendasi beli saham perusahaan telekomunikasi tersebut. Equity Analyst Kanaka Hita Solvera Raditya Pradana rekomendasi buy saham EXCL di area Rp 2.680 sampai dengan Rp 2.720. Dengan target harga saham EXCL Rp 3.240 dan stop loss di level Rp 2.500 per saham.

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana rekomendasi buy if break out untuk saham EXCL. Dia memproyeksikan saham EXCL ini akan uji support di level Rp 2.650 dan resistance di Rp 2.740.

Baca Juga: AUM Industri Reksadana Turun Rp 5 Triliun di Juli 2022, Ini Penyebabnya

Salah satu alasan untuk beli saham EXCL karena perusahaan telekomunikasi itu telah mendapatkan persetujuan untuk melakukan rights issue dengan menerbitkan 2,74 miliar saham. Aksi ini disebut bisa menjadi sentimen positif bagi saham EXCL.

Equity Analyst Kanaka Hita Solvera Raditya Pradana menyebut secara umum rencana rights issue ini bisa menjadi katalis positif bagi EXCL karena memperkuat dan memperbaiki struktur modalnya. 

Namun perlu diingat dana hasil rights issue EXCL mayoritas bakal digunakan untuk pembayaran utang serta meningkatkan modal untuk mengembangkan kegiatan usaha utama perusahaan dalam bidang telekomunikasi dan atau multimedia.

"Rights issue EXCL kali ini kurang menarik. Untuk memastikannya, investor wajib untuk menghitung nilai teoritis rights issue EXCL agar mampu mendapatkan risk reward yang sesuai," tutur Raditya kepada Kontan.co.id, Rabu (10/8).

Raditya menganalisis EXCL sudah lepas dari tekanan jual. Dia menjabarkan secara teknikal candle hari didominasi oleh pembeli dengan volume perdagangan yang solid. 

Berdasarkan data RTI, EXCL berakhir menguat 4,21% level Rp 2.720 per saham. Jumlah saham yang ditransaksikan mencapai 50,29 juta dengan nilai transaksi mencapai Rp 134,23 miliar. 

Secara teknikal, Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana mencermati penguatan EXCL hari ini telah menembus level resistance. EXCL masih berpeluang bergerak menguat terlebih bila mampu break level resistance-nya.

Hal tersebut, lanjut dia, nampak dari  meningkatnya volume perdagangan disertai penguatan dari indikator MACD dan Stochastic di area overbought.

"Selama tidak terkoreksi kembali ke bawah Rp 2.230, saat ini sedang berada di uptrend jangka pendek hingga menengah," papar dia.  

Itulah rekomendasi saham EXCL untuk perdagangan hari ini, Kamis 11 Agustus 2022. Ingat disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham EXCL di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru