Hoffmen Cleanindo (KING) Mulai Penawaran Umum Jumat (10/2), Patok Harga Rp 130

Minggu, 12 Februari 2023 | 13:00 WIB   Reporter: Akhmad Suryahadi
Hoffmen Cleanindo (KING) Mulai Penawaran Umum Jumat (10/2), Patok Harga Rp 130


RENCANA IPO - JAKARTA. Gelaran penawaran umum perdana saham alias intial public offering (IPO) PT Hoffmen Cleanindo Tbk terus bergulir. Perusahaan yang nantinya menggunakan kode saham KING ini memulai penawaran umum pada hari ini Jumat (10/2) hingga Selasa (14/2).

Merujuk laman e-IPO, Jumat (10/2), KING memasang harga penawaran Rp 130. Dalam aksi korporasi ini, KING melepas sebanyak 520 juta saham baru atau sebanyak 20,00% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Sehingga, jumlah seluruh nilai IPO ini mencapai Rp 67,60 miliar.

Sebagai pemanis, KING juga menerbitkan sebanyak 260 juta Waran Seri I atau sebanyak 12,50%dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh. Waran Seri I diberikan secara cumacuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru.

Baca Juga: Simak Daftar 38 Perusahaan yang Hendak IPO dan Melantai di BEI

Setiap pemegang dua saham baru KING berhak memperoleh satu Waran Seri I, di mana setiap satu Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 satu saham baru KING yang dikeluarkan dalam portepel. Harga pelaksanaan sebesar Rp 200. Sehingga, total hasil pelaksanaan penerbitan Waran Seri I adalah sebanyak-banyaknya Rp 52 miliar.

Sekitar 95% dari dana IPO akan digunakan oleh KING sebagai modal kerja, dengan rincian sekitar 83%  digunakan untuk pembayaran gaji pegawai tidak tetap yang merupakan komponen harga pokok pendapatan. Sekitar 12%  digunakan untuk pembelian peralatan penunjang.

Sisanya, sekitar 5% akan digunakan sebagai setoran modal pada anak perusahaan Perseroan yaitu PT Hoffmen Parkindo yang akan digunakan untuk modal kerja, yaitu sekitar 2%  digunakan untuk pembayaran gaji pegawai tidak tetap yang merupakan komponen harga pokok pendapatan PT Hoffmen Parkindo atas kontrak kerjanya. Sekitar 3% digunakan untuk pembelian persediaan peralatan penunjang.

Baca Juga: Membidik Peruntungan Saham IPO di 2023, Simak Strateginya!

Sedangkan dana yang diperoleh dari pelaksanaan Waran Seri I, seluruhnya akan digunakan untuk modal kerja, yaitu pembelian peralatan penunjang.

Berikut jadwal IPO saham KING :

  •  Masa Penawaran Umum Perdana Saham : 10 Februari 2023 – 14 Februari 2023
  • Tanggal Penjatahan : 14 Februari 2023
  • Tanggal Distribusi Saham Secara Elektronik : 15 Februari 2023
  •  Tanggal Pencatatan Pada Bursa Efek Indonesia : 16 Februari 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru