IHSG diproyeksikan akan melanjutkan penguatan pada Rabu (7/7)

Selasa, 06 Juli 2021 | 19:16 WIB   Reporter: Sugeng Adji Soenarso
IHSG diproyeksikan akan melanjutkan penguatan pada Rabu (7/7)

ILUSTRASI. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,69% ke level 6.047,11 pada akhir perdagangan Selasa (6/7).


IHSG - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,69% ke level 6.047,11 pada akhir perdagangan Selasa (6/7).

Analis MNC Sekuritas, Herditya Wicaksana menjelaskan penguatan IHSG hari ini dipengaruhi pergerakan bursa global yang bergerak cenderung menguat ditambah dengan penguatan pada harga komoditas.

Untuk besok, IHSG masih berpeluang untuk menguat. Menurut Herditya, hal tersebut nampak pada perdagangan hari ini IHSG yang ditutup menguat dan menembus MA20a.

Kemudian disertai oleh tekanan beli meskipun tidak begitu besar dibandingkan volume yang lalu. "Untuk besok, kami perkirakan support di 5.913 dengan resistance 6.070," ujar Herditya kepada kontan.co.id, Selasa (6/7).

Baca Juga: Ini strategi manajer investasi yang mencatatkan kinerja positif pada reksadana saham

Senada, Analis Panin Sekuritas, William Hartanto menyebutkan untuk besok belum ada sentimen khusus dalam yang akan mempengaruhi pergerakan IHSG. "Masih faktor teknikal saja dengan konsolidasi di area 5.947-6.114," ujar dia.

Secara teknikal, Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi menuturkan IHSG kembali kuat rebound pada level support MA5 dan whipsaw pada level MA20. Pergerakan selanjutnya berpotensi menguji bearish trend dan resistance 6.062 sebagai konfirmasi arah pergerakan selanjutnya.

Indikator stochastic dan RSI bergerak pada momentum bullish mengiringi pergerakan MACD yang menjenuh dan berpotensi cross over pada histogram yang mulai bergerak positif. Sehingga, Lanjar menilai secara teknikal IHSG berpotensi melanjutkan penguatannya dengan support-resistance 6.013-6.085.

Baca Juga: Indeks dolar melemah, rupiah menguat ke Rp 14.440 pada Selasa (6/7)

Adapun saham-saham yang menjadi rekomendasi Reliance Sekuritas secara teknikal diantaranya, AALI, ADRO, AKRA, BFIN, BRPT, BSDE, DOID, ERAA, INTP, JPFA, MAIN, MEDC, SIMP, SMGR, TINS, UNTR.

Kemudian, William merekomendasikan saham-saham seperti DMMX, SMRA, TOWR, INCO, dan ITMG. Sementara, Herditya merekomendasikan saham-saham farmasi seperti IRRA, KAEF, dan INAF. Selain itu juga SRTG, BANK, FREN, dan EMTK yang dinilai pergerakannya masih menarik.

Baca Juga: IHSG naik ke 6.047 pada Selasa (6/7), asing mencatat net buy di pasar reguler

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru