Ingin Dapat Dividen 2022, Ini Rekomendasi Saham yang Bisa Beri Keuntungan Besar

Jumat, 14 Januari 2022 | 07:33 WIB   Reporter: Ika Puspitasari
Ingin Dapat Dividen 2022, Ini Rekomendasi Saham yang Bisa Beri Keuntungan Besar

ILUSTRASI. Ingin Dapat Dividen 2022, Ini Rekomendasi Saham dengan Yield Tinggi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memasuki tahun baru 2022, jadwal pembayaran dividen saham segera dirilis. Untuk Anda pemburu dividen, berikut saham-saham yang biasanya memberikan dividen besar.

Dividen saham tahun 2022 ini jangan sampai terlewatkan. Analis Mirae Asset Sekuritas Handiman Soetoyo prediksi pembayaran dividen saham pada 2022 bakal meningkat ketimbang tahun lalu. "Kami menyambut musim dividen 2022 dengan optimisme karena laba perusahaan besar meningkat," ujarnya dalam riset, Kamis (13/1).

Pada tahun 2021, nominal pembayaran dividen saham lebih rendah dari biasanya. Namun beberapa perusahaan menaikkan rasio pembagian dividen saham untuk mempertahankan dividen yang menarik.

Nah, di tahun ini ia memprediksi perusahaan dari sektor keuangan, komoditas, konsumen non-siklikal, kesehatan, telekomunikasi dan menara akan memberikan imbal hasil dividen saham yang lebih tinggi.

Pilihan teratas dari Mirae Asset Sekuritas untuk dividen 2022 seperti ADMF, ADRO, ARNA, ASDM, BJBR, BJTM, BMRI, BSSR, CLPI, DLTA, DVLA, EPMT, GEMS, GGRM, HEXA, HMSP, INDF, ITMG, LPGI, MBAP, MPMX, PANS, PBID, POWR, PTBA, SIDO, TLKM, dan UNTR.

Baca Juga: Prediksi IHSG Jumat (14/1) Rawan Melemah, Ini Rekomendasi Saham Pilihan Untuk Trading

Menurut Handiman, investasi saham dividen adalah manifestasi dari investasi saham sejati. Ia bilang, investasi saham dividen adalah proses jangka panjang.

"Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan bila Anda konsisten berinvestasi untuk jangka panjang. Berinvestasi di saham dividen dalam jangka panjang dan menginvestasikan kembali dividen dapat menciptakan efek compounding yang akan menumbuhkan pendapatan dividen Anda secara eksponensial," paparnya.

Pada dasarnya, lanjut Handiman, saham-saham dividen harus memenuhi beberapa kriteria, seperti memiliki tim manajemen yang cakap dan tata kelola perusahaan yang baik, berada dalam industri yang menguntungkan dalam jangka panjang, pendapatan dan laba yang tangguh dan bertumbuh.

Ia menambahkan, investor juga bisa mencermati keuangan emiten yang sehat, rekam jejak pembayaran dividen yang panjang, dan mampu menunjukkan keberlanjutan dividen.

Baca Juga: Rampungkan Rights Issue, Ini Rekomendasi Saham Waskita Karya (WSKT)

Beberapa saham yang bisa dijadikan pilihan untuk investasi jangka panjang, pilihan Handiman meliputi ACES, ADMF, AKRA, ARNA, ASGR, BBCA, BBRI, BJBR, BJTM, BMRI, CLPI, DLTA, DVLA, EKAD, FISH, ICBP, INDF, KLBF , LPGI, MYOR, PBID, POWR, SCCO, SIDO, SMSM, TGKA, TLKM, dan TOWR.

"Pilihan teratas kami untuk saham dengan dividend yield tinggi adalah ADRO, HEXA, ITMG, MPMX, PTBA, TOTL, dan UNTR," pungkasnya.

Saham-saham pertambangan batubara, se[erti ADRO, ITMG, PTBA berpotensi memberikan dividen yang besar. Perusahaan batubara mendapat keuntungan besar pada tahun 2021 karena harga tinggi dan kenaikan permintaan pasar global.

 

Selanjutnya: Tiga Dilema Kebijakan Sektor Energi

Editor: Adi Wikanto
Terbaru