Investor Ritel Perlu Tahu, Ini Prediksi Harga Saham GOTO Mendatang

Selasa, 27 September 2022 | 08:30 WIB   Reporter: Sugeng Adji Soenarso
Investor Ritel Perlu Tahu, Ini Prediksi Harga Saham GOTO Mendatang

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengumuman untuk investor ritel di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang masih menyimpan saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Harga saham GOTO sedang melorot dan masih ada kemungkinan melemah lagi.

Harga saham GOTO pada perdagangan Senin 26 September 2022 ditutup di level 256 turun 8 poin atau 3,03% dibandingkan sehari sebelumnya. Namun dalam perdagangan 5 hari terakhir, harga saham GOTO masih naik 12 poin atau 4,92%.

Meski demikian, sepanjang semester 2 tahun 2022 ini, harga saham GOTO cenderung melorot. Pada 1 Juli 2022, harga saham GOTO masih berada di level 370.

Analis rekomendasi hold saham GOTO karena minim sentimen. Selain itu, tren kenaikan suku bunga juga berpotensi menekan kinerja GOTO pada periode mendatang.

Analis Samuel Sekuritas Farras Farhan rekomendasikan hold saham GOTO. Namun, untuk target harga disebutnya sedang ditinjau kembali.

Baca Juga: Perusahaan Patungan GOTO dan TOBA Menargetkan Produksi 2 Juta Sepeda Motor Listrik

Adapun saat ini target harga Samuel Sekuritas untuk saham GOTO di Rp 280 per saham. Namun Farras bilang apabila tidak ada katalis positif kembali maka target harga saham GOTO akan lebih rendah.

Menurut Farras, dampak kenaikan suku bunga akan berpengaruh terhadap tingkat belanja konsumen. Selain itu ia melihat ada kemungkinan konsumen akan mengurangi penggunaan e-commerce dan layanan Gojek ataupun Gofood, apalagi setelah ada peningkatan tarif.

Namun di sisi lain, Farras menilai kenaikan tarif juga menjadi katalis positif bagi GOTO. Kemudian juga batas atas pengambilan margin menjadi 15% untuk layanan ojol.

Oleh sebab itu, Samuel Sekuritas memperkirakan pendapatan GOTO masih bisa naik hingga akhir tahun. Farras memperkirakan pendapatan sekitar Rp 7,1 triliun dengan proyeksi GMV sekitar Rp 710 triliun.

Hanya saja, pada pos bottom line diperkirakan GOTO masih akan mencatatkan kenaikan rugi bersih. "Ekspektasi kami di Rp 22,7 triliun," ujarnya kepada Kontan.co.id, Senin (26/9).

Direktur Asosiasi Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Maximilianus Nico Demus melanjutkan, keberlanjutan rugi bersih GOTO akibat burn rate dan promosi masih begitu tinggi, sehingga hal ini menjadi salah satu hal yang menimbulkan persepsi bahwa GOTO masih sangat jauh dalam memberikan profitabilitas.

"Belum lagi, beban gaji karyawan GOTO yang naik terus bahkan melampaui biaya promosi dan iklan," kata Nico.

Itulah rekomendasi saham GOTO untuk perdagangan hari ini, Selasa 27 September 2022. Ingat disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham GOTO di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru