Menilik Strategi Weha Transportasi (WEHA) Maksimalkan Bisnis Tahun 2023

Kamis, 27 April 2023 | 07:00 WIB   Reporter: Vina Elvira
Menilik Strategi Weha Transportasi (WEHA) Maksimalkan Bisnis Tahun 2023


EMITEN - JAKARTA. Emiten transportasi, PT Weha Transportasi Indonesia Tbk (WEHA) berhasil mencetak kinerja apik selama tiga bulan pertama tahun ini. Baik pendapatan maupun laba mengalami pertumbuhan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Untuk diketahui, pendapatan perseroan meningkat 65% menjadi sebesar Rp 55 miliar dibandingkan kuartal pertama tahun 2022 yang senilai Rp 33 miliar. Begitu juga dengan laba bersih yang berhasil terkerek 237% menjadi Rp 5,2 miliar hingga akhir Maret lalu. 

Direktur Utama Andrianto Putera Tirtawisata memaparkan bahwa pihaknya menjalankan berbagai strategi untuk memaksimalkan kinerja dari masing-masing lini bisnisnya. Pertama, ada bisnis bus charter (White Horse) yang pendapatannya naik 50%, dari semula Rp 15,5 miliar di kuartal I-2022 menjadi Rp 23 miliar di kuartal I-2023. 

Baca Juga: Weha Transportasi (WEHA) Catatkan Kinerja Apik pada Kuartal I, Ini Pendorongnya

Pada lini usaha bus charter, WEHA terus menggalakkan segmen perusahaan untuk kegiatan corporate shuttle dan outing, segmen sekolah terutama untuk kegiatan field trip, serta sektor perorangan. 

"WEHA juga melakukan renovasi atas beberapa armada sehingga pelanggan merasa nyaman saat menggunakan armada Perseroan," ungkap Andrianto, dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Rabu (26/4). 

Pada kuartal kedua ini WEHA juga telah melakukan penambahan beberapa armada baru yang dipersiapkan untuk mengantisipasi lonjakan mudik Lebaran di tahun 2023.

Dia melanjutkan, pada segmen usaha intercity shuttle selama tahun 2023, Perseroan melakukan penambahan armada dan menambah counter baru serta tetap mempertahankan rute-rute yang menjadi favorit bagi pelanggan.

"Bisnis paket juga turut andil menyumbang utilisasi kendaraan per trip yang dijalankan di lini intercity shuttle dan logistik," lanjutnya. 

 

 

Untuk lini bisnis jasa open trip Explorer.ID, WEHA mulai membuka paket destinasi wisata baru di Jawa Tengah dan Bali. Pada periode Lebaran tahun 2023 ini peningkatan tamu open trip naik cukup signifikan sebanyak 70 trip dengan total peserta 1.700 orang dibanding tahun 2022.

Manajemen WEHA juga terus menggalakkan penetrasi digital melalui pengembangan strategi-strategi baru. Contohnya, pada aplikasi Daytrans sekarang sudah diunduh oleh lebih dari 350,000 user dan aplikasi Explorer.ID 250.000 user.

"Dengan aplikasi kami jadi lebih mudah untuk menyampaikan informasi dan menjangkau pelanggan dengan biaya yang lebih murah," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru