MNCN klaim mampu dominasi pangsa pasar pemirsa FTA hingga November

Selasa, 14 Desember 2021 | 05:15 WIB   Reporter: Ika Puspitasari
MNCN klaim mampu dominasi pangsa pasar pemirsa FTA hingga November


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) berhasil mempertahankan kinerja program yang solid sepanjang Januari-November 2022 di industri free to air (FTA) Indonesia. Hal ini didukung oleh produksi konten in-house dan susunan program spesial.

MNCN tetap mendominasi dalam hal pangsa pemirsanya, dengan margin yang besar pada pangsa pemirsa November 2021 sebesar 47% pada prime-time dan all-time mencapai 41,3%, meningkat masing-masing sebesar 3,5% dan 3,4% dibandingkan dengan November 2020.

Sepanjang tahun ini, Ikatan Cinta, drama seri dengan kinerja terbaik, terus membuktikan posisinya sebagai konten terkemuka dan terbaik yang pernah ada dalam sejarah penyiaran Indonesia dan sampai dengan saat ini masih terus berhasil mempertahankan posisi sebagai program no 1 sejak tayang perdana pada Oktober 2020.

Selain itu, program-program MNCN lainnya juga menunjukkan kinerja yang luar biasa dengan secara konsisten menduduki puncak program terbaik. Pada November 2021, 19 dari 20 program teratas dari semua genre disiarkan oleh FTA TV milik MNCN.

Baca Juga: Astra Otoparts (AUTO) optimistis kinerja akan tumbuh positif pada 2022

Hary Tanoesoedibjo, Executive Chairman MNC Group mengatakan, lanskap periklanan di Q4-2021 terlihat akan pulih kembali, yang pada periode sebelumnya mengalami perlambatan ekonomi di Q3-2021 sebagai akibat dari berbagai pembatasan sosial yang diberlakukan oleh pemerintah.

Perlu diketahui, kasus Covid-19 baru mencapai titik tertinggi selama periode Juli - September 2021. Bagi MNCN, kinerja luar biasa MNCN telah tercermin dalam distribusi belanja iklan FTA nasional pada semester 2 2021. Selama periode Juli-Oktober 2021, pasar belanja iklan Perseroan tetap kuat, tercatat sebesar 51%, jauh melampaui kompetitor lainnya.

“Kinerja TV dan konten Perseroan sepanjang tahun sangat luar biasa. Kami telah berhasil mempertahankan kinerja di puncak program terbaik melalui konten in-house terkemuka kami yang pada akhirnya menghasilkan pangsa pemirsa agregat terbaik di industri hingga November 2021,” kata Hary dalam keterbukaan informasi, Senin (13/12).

Selain itu, MNCN juga telah mengkonsolidasikan aset digital MNC Media di bawah MSIN. “Yang saya yakini akan menjadi pendorong valuasi perusahaan bagi keduanya, MSIN dan MNCN. Saya melihat proses ini akan tuntas pada Q1-2022 dan saya sangat optimis menantikan babak baru dari perjalanan transformasi digital kami sebagai sebuah grup,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru