Naik di Awal Tahun, Mana Saham-Saham Berbasis Lingkungan yang Masih Prospektif?

Senin, 31 Januari 2022 | 07:10 WIB   Reporter: Ika Puspitasari
Naik di Awal Tahun, Mana Saham-Saham Berbasis Lingkungan yang Masih Prospektif?


REKOMENDASI SAHAM -  JAKARTA. Dua indeks saham berbasis lingkungan yaitu SRI-KEHATI dan IDX ESG Leaders menguat di  bulan Januari ini. Mengutip data Bursa Efek Indonesia (BEI), indeks SRI-KEHATI tercatat menguat 2,29% secara ytd.

Kinerja indeks SRI-KEHATI ini lebih baik dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang naik 0,97% ytd. Selanjutnya, IDX ESG Leaders juga naik 0,65% ytd.

Penguatan indeks SRI-KEHATI tertopang saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) yang menguat 11,11% ytd, kemudian saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) naik 8,90% ytd. Lalu, saham PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) naik 6,84%, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang meningkat 6,51% ytd, dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) yang mendaki 5,45%.

Sedangkan indeks IDX ESG Leaders, penyokongnya saham BBNI, BMRI, BBCA, selanjutnya PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) yang naik 5,45% ytd, saham TLKM. Kemudian saham PT XL Axiata Tbk (EXCL) yang menguat 3,79% ytd, saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) naik 0,73%, dan saham PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) dengan pertumbuhan 0,28% ytd.

Baca Juga: Masuk LQ45, Cermati Rekomendasi Saham HRUM, WSKT, EMTK dan AMRT

Analis Jasa Utama Capital Sekuritas Cheryl Tanuwijaya mengatakan, penguatan kedua indeks tersebut salah satunya ditopang oleh sentimen positif dari sektor perbankan, seteah hasil earning perbankan big cap yang tercatat lebih baik daripada perkiraan.

Cheryl menilai, saham-saham penopang indeks SRI-KEHATI dan indeks ESGL masih memiliki prospek yang baik pada tahun ini, terutama sektor perbankan seiring dengan perbaikan ekonomi.

"Sentimen positif untuk indeks tersebut karena saat ini Pemerintah sangat mendukung bisnis yang ramah lingkungan," kata Cheryl, Minggu (30/1).

Dari indeks SRI-KEHATI dan Indeks ESGL, Cheryl melihat, saham perbankan besar seperti BBNI, BMRI, BBRI menarik untuk dikoleksi karena memiliki prospek yang baik, dari sisi kredit juga diperkirakan naik pada tahun 2022.

"Selain itu TLKM juga menarik, ini didukung oleh prospek data centernya dan IPO GOTO," tambah Cheryl.

Dalam hitungannya, saham BBNI, BMRI, BBRI, dan TLKM berpotensi merangkak naik sekitar 5%-10% dari harga saat ini.

Baca Juga: Saham-Saham Ini Menopang Penguatan Indeks SRI-KEHATI dan Indeks ESGL

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru