Saham sektor pertambangan masih berpeluang menguat, simak rekomendasi analis berikut

Senin, 07 Desember 2020 | 07:55 WIB   Reporter: Kenia Intan
Saham sektor pertambangan masih berpeluang menguat, simak rekomendasi analis berikut

ILUSTRASI.


REKOMENDASI SAHAM - JAKARTA. Indeks sektor pertambangan meningkat signifikan hingga 13,48% sejak awal tahun. Sektor ini menjadi satu-satunya indeks sektoral di bursa yang mampu mencatatkan pertumbuhan sejauh ini. 

Asal tahu saja, indeks sektoral lainnya kompak memerah dengan penurunan paling dalam dicatatkan oleh sektor properti, real estate, dan konstruksi gedung mencapai 24,24%. 

Analis Jasa Utama Capital Sekuritas Chris Apriliony mengamati, penguatan yang dialami sektor ini memungkinkan karena harga komoditas tambang yang meningkat sejak awal tahun. Hingga akhirnya, mendorong harga sahamnya turut naik. 

Ia memprediksi, saham-saham sektor pertambangan masih memungkinkan meningkat karena kebutuhan akan komoditas masih tinggi dan adanya perbaikan ekonomi ke depan. 

Sementara itu, Kepala Riset Kresna Sekuritas Robertus Hardy juga berpendapat saham-saham sektor pertambangan masih punya peluang terkerek. 

Baca Juga: Indeks sektor pertambangan naik 13,48% sejak awal tahun, simak rekomendasi analis

" Karena harga batubara dan permintaan yang masih akan bertumbuh seiring pemulihan ekonomi China dan Asia pada umumnya," jelas Robertus kepada Kontan.co.id, Minggu (6/12). 

Asal tahu saja, penguatan yang dialami indeks pertambangan sejauh ini juga terdorong olah pemulihan ekonomi China. 
Selain itu, Robertus melihat adanya komitmen China untuk membeli batubara dari Indonesia. 

Melihat peluang ke depan, ia menyarankan investor untuk memperhatikan saham UNTR sebagai kontraktor penambang batubara terbesar. 

Selain itu, saham PTBA juga bisa dicermati karena posisinya sebagai penyedia batubara terbesar bagi PLN. 

" UNTR buy di Rp 35.000, PTBA buy di Rp 3.500," imbuhnya. 

Sementara itu, Chris cenderung menjagokan saham ANTM dan INCO karena terdorong sentimen permintaan nikel. Ia merekomendasikan buy ANTM dan INCO dengan target harga Rp 1.800 dan Rp 7.000. 

Untuk pertambangan batubara, ia menyarankan buy INDY dan ITMG dengan target harga Rp 2.100 dan Rp 20.000. Ia pun merekomendasikan buy ELSA dan MEDC sebagai  saham pertambangan minyak dengan target harga masing-masing Rp 450 dan Rp 800.

Selanjutnya: Satu-satunya indeks sektoral yang naik, ini prospek sektor pertambangan tahun depan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru