Rekomendasi

Tren kenaikan ekspor CPO masih berlanjut, saham SIMP dan TBLA bisa dilirik

Selasa, 19 Januari 2021 | 06:15 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Tren kenaikan ekspor CPO masih berlanjut, saham SIMP dan TBLA bisa dilirik

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) untuk kontrak Maret 2021 pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu mengalami koreksi ke level RM 3.423. Namun, koreksi itu dinilai hanya bersifat teknikal karena secara fundamental masih tercatat cukup baik.

Berdasarkan data dari Gapki, hingga Oktober 2020 kemarin, adanya kenaikan ekspor berupa produk olahan CPO & oleokimia ke Uni Eropa(10%), Pakistan(19%), Timur Tengah(14,53%), dan China (0,46%) dari konsumsi tahun sebelumnya.

Emiten.com melihat tren kenaikan ekspor ini akan terus berlanjut seiring dengan optimisme akan kembalinya ekonomi dunia sehabis vaksinasi, Konsumsi CPO akan terus meningkat sebagai bahan makanan hingga tambahan untuk energi terbarukan, yaitu Biodiesel 50 atau B50.

Agung Surya Thidar analis Emiten.com mengatakan, sebagian investor tampak sibuk mengkoleksi saham saham penuh sentimen hingga melupakan fundamental dari salah satu sektor yang menjadi penopang ekspor Indonesia. Inilah yang jadi salah satu penyebab koreksi saham di sektor CPO.

Sempat diberitakan bahwa permintaan CPO pada Perayaan imlek terganggu padahal area lockdown hanya kurang dari 30 juta penduduk sedangkan total jumlah penduduk china berkisar 1,4 miliar penduduk.

Bahkan stok minyak kedelai telah mencapai titik terendah selama 6 bulan. Hal ini belum didukung dengan kenaikan kebutuhan impor dari India yang naik 4% di bulan Desember 2020.

Editor: Yudho Winarto


Terbaru