Volume Lalu Lintas Jalan Tol Jasa Marga (JSMR) Naik Dua Digit hingga Februari

Jumat, 11 Maret 2022 | 05:45 WIB   Reporter: Sugeng Adji Soenarso
Volume Lalu Lintas Jalan Tol Jasa Marga (JSMR) Naik Dua Digit hingga Februari


EMITEN - JAKARTA. PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) mulai catatkan perbaikan trafik selama dua bulan pertama tahun ini. Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru menuturkan memang trafik di dua bulan pertama ini belum kembali ke level pandemi. Namun, dibandingkan periode yang sama tahun lalu alami peningkatan.

Adapun realisasi volume lalu lintas Jasa Marga Group pada Januari-Februari 2022 sebanyak 179 juta kendaraan. Angka itu naik 11,7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 160 juta kendaraan.

"Namun, jika dibandingkan terhadap lalu lintas normal sebelum pandemi periode Januari-Februari 2020 turun 20,6% dari sebelumnya 202 juta kendaraan," ujarnya kepada Kontan.co.id, Selasa (8/3).

Pada Februari 2022, Heru menyebutkan ruas dengan lalu lintas harian rata-rata (lalin) tertinggi dari  Jalan Tol Dalam Kota dengan total lalin sebesar 417 ribu kendaraan. Disusul Jalan Tol Jakarta – Cikampek dengan total lalin sebesar 413 ribu kendaraan dan Jalan Tol Jagorawi dengan total lalin sebesar 349 ribu kendaraan.

Baca Juga: Laba Bersih PP Presisi (PPRE) Melesat 26,7% Menjadi Rp 146,8 Miliar

Seiring perbaikan trafik dari tol eksisting, tahun ini JSMR juga tengah mengupayakan beberapa ruas baru yang dapat beroperasi. 

"Kami menargetkan untuk menyelesaikan 3,6 km Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere yang target pengoperasiannya menyesuaikan dengan rampungnya pekerjaan pembangunan dari Jalan Tol Cinere-Jagorawi Ruas Limo-Kukusan yang dikelola oleh PT Translingkar Kita Jaya. Selain itu, kami juga turut memonitoring penyelesaian proyek konstruksi jalan tol di ruas BORR, Japek Selatan, Probolinggo-Banyuwangi serta Jogja-Bawen," jelasnya.

Adapun di tahun 2022 ini, perseroan telah mengoperasikan 13 Km jalan tol baru untuk Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 2B Danowudu-Bitung.

Selain ruas baru, JSMR juga melakukan penyesuaian tarif tol dalam kota mulai 26 Februari 2022, pukul 24.00 WIB. Penyesuaian tarif tol dilakukan untuk ruas Cawang-Tomang-Pluit dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit, dengan kenaikan sebesar Rp 500 untuk seluruh golongan kendaraan.

Heru menyatakan dengan hal-hal tersebut maka akan memberikan dampak positif terhadap kinerja keuangan perseroan. Sayangnya, dia belum membeberkan terkait target kinerja tahun ini.

Baca Juga: Sinergi Inti Plastindo (ESIP) Optimistis Volume Produksi Tumbuh 30% di Tahun 2022

"Harapan kami, seiring dengan pemulihan kondisi COVID-19 di Indonesia, maka mobilitas masyarakat kembali meningkat seperti sediakala sehingga memberikan efek positif bagi traffic dan pendapatan tol JSMR," tutupnya.

Mengutip laporan keuangan, per September 2021 emiten plat merah ini mencatatkan pendapatan sebesar Rp 10,63 triliun. Angka itu naik tipis atau 0,8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 10,54 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru