Wall Street Lesu: Dow Jones, S&P 500 dan Nasdaq Kompak Melemah

Selasa, 28 Juni 2022 | 08:05 WIB Sumber: Reuters
Wall Street Lesu: Dow Jones, S&P 500 dan Nasdaq Kompak Melemah


WALL STREET - NEW YORK. Wall Street kembali koreksi pada perdagangan awal pekan ini. Tiga indeks utama terombang-ambing di awal sesi, dengan koreksi dalam pada saham megacap yang sensitif terhadap suku bunga seperti Amazon.com, Microsoft Corp dan Alphabet Inc.

Senin (27/6), indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 0,2% menjadi 31.438,26, indeks S&P 500 melemah 0,3% ke 3.900,11 dan indeks Nasdaq Composite koreksi 0,8% ke 11.514,57.

Di antara 11 sektor utama S&P 500, delapan sektoral berada di wilayah negatif saat penutupan. Di mana, indeks konsumen mengalami penurunan persentase terbesar.

Sementara itu, sektor energi menjadi pemenang yang jelas setelah melonjak 2,8% di sesi ini. Sektor ini mendapat dukungan dari kenaikan harga minyak mentah.

"Alasan kurang arah untuk minggu ini dan minggu depan adalah karena investor mencari apa yang akan terjadi pada periode pelaporan kuartal kedua," kata Sam Stovall, Chief Investment Strategist CFRA Research di New York.

Baca Juga: Wall Street Berbalik Arah Setelah Sempat Dibuka Naik, Terseret Saham Pertumbuhan

Ketiga indeks berada di jalur untuk mencatatkan dua penurunan kuartalan berturut-turut untuk pertama kalinya sejak 2015. Ketiga indeks sektoral ini juga tampaknya akan membukukan pelemahan untuk bulan Juni.

Ini juga akan menandai penurunan tiga bulan berturut-turut untuk indeks Nasdaq yang sarat teknologi, dan menjadi koreksi beruntun terpanjang sejak 2015.

Sementara itu, indeks S&P berada di jalur untuk melaporkan penurunan terburuk kelima sejak tahun 1962, pada hari Jumat, lanjut Stovall.

“Setiap kali indeks S&P naik lebih dari 20% dalam setahun, lalu relatif mulai turun rata-rata 11% sejak awal tahun baru. Dan semua tahun di mana penurunan dimulai di paruh pertama kembali ke titik impas sebelum tahun itu berakhir," jelas Stovall.

"Tidak ada jaminan itu akan terjadi tahun ini, tetapi pasar bisa mengejutkan kita," kata Stovall.

Data ekonomi AS mengejutkan naik, dengan pesanan baru untuk barang tahan lama dan penjualan rumah yang tertunda mengalahkan ekspektasi dan menambah kepercayaan pada pernyataan Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell bahwa ekonomi cukup kuat untuk menahan upaya bank sentral untuk mengendalikan inflasi yang tinggi selama beberapa dekade tanpa meluncur ke resesi.

Dengan beberapa minggu lagi hingga pelaporan kuartal kedua dimulai, 130 perusahaan dalam indeks S&P 500 telah mengumumkan sebelumnya. Menurut data Refinitiv, dari jumlah tersebut, 45 positif dan 77 negatif, menghasilkan rasio negatif/positif 1,7 lebih kuat dari kuartal pertama, tetapi lebih lemah dari tahun lalu.

Baca Juga: Fase konsolidasi IHSG Diperkirakan Berlanjut di Bawah 7.050-7.080 pada Selasa (28/6)

Dalam perdagangan yang diperpanjang, Robinhood Markets turun 4% setelah Sam Bankman-Fried dari FTX mengatakan pertukaran cryptocurrency-nya tidak dalam percakapan M&A aktif dengan platform perdagangan saham ritel.

Pada sesi perdagangan sebelumnya, Robinhood telah melonjak 14% setelah Bloomberg melaporkan bahwa FTX sedang menjajaki kesepakatan.

Selama sesi Senin, Coinbase Global Inc ambles lebih dari 10% setelah Goldman Sachs menurunkan peringkat pertukaran cryptocurrency menjadi "jual" dari "beli".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru