Harga Bitcoin telah mendekati level US$ 50.000

Selasa, 16 Februari 2021 | 05:15 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Harga Bitcoin telah mendekati level US$ 50.000

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga bitcoin mencapai recor tertinggi baru mendekati US$ 50.000 pada hari Minggu (14/2). Mata uang virtual ini membangun rekor reli karena investor korporasi maupun investor ritel semakin banyak tertarik membelinya. 

Pada minggu pagi, harga bitcoin bertengger di level US$ 48.700, naiak lebih dari 3%.  Bahkan di hari sebelumnya, bitcoin sempat diperdagangkan di harga US$ 49.714. Harga mata uang kripto terbesar di dunia ini telah naik 70% dari tahun ke tahun. 

Setelah alam dijauhi oleh perusahaan keuangan tradisional, bitcoin dan mata uang virtual lain tampaknya semakin memasuki arus utama sebagai aset dan alat pembayaran.

BNY Mellon mengatakan minggu lalu bahwa mereka membentuk unit baru untuk membantu klien memegang, mentransfer, dan mengeluarkan aset digital, hanya beberapa hari setelah Tesla dari Elon Musk mengungkapkan telah membeli cryptocurrency senilai US$ 1,5 miliar dan akan segera menerimanya sebagai bentuk pembayaran untuk mobilnya. .

Perusahaan manajemen aset yang berbasis di Toronto Purpose Investments Inc dalam sebuah pernyataan dikutip Reuters, Senin (15/2), Komisi Sekuritas Ontario Kanada (OSC) menyetujui peluncuran Purpose Bitcoin ETF. OSC mengonfirmasi telah menyelesaikan peluncuran dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin pertama di dunia dalam pernyataan terpisah.

Baca Juga: Menilik prospek uang kripto di tahun 2021

“Sisi kelembagaan dan perusahaan Amerika menunjukkan bahwa gerakan ini tidak akan hilang dalam waktu dekat,” kata Edward Moya, ahli strategi pasar senior di OANDA. Masih ada banyak uang yang akan ikut serta dalam hal ini.

Walikota Francis Suarez dari Miami juga mengatakan pada hari Jumat bahwa kota Florida sedang berusaha untuk merangkul bitcoin dalam operasinya, sebuah langkah yang dapat membawa dividen dalam hal menarik perusahaan teknologi.

Pada bulan Januari, BlackRock Inc, manajer aset terbesar di dunia, menambahkan bitcoin sebagai investasi yang memenuhi syarat untuk dua dana. Rencana raksasa kartu kredit Mastercard untuk menawarkan dukungan untuk beberapa mata uang kripto juga meningkatkan ambisi bitcoin menuju keuangan arus utama, meskipun banyak bank tetap enggan untuk terlibat dengannya.

Penambang Cryptocurrency Riot Blockchain naik 14% pada hari Jumat dan mencapai tertinggi dalam lebih dari 10 tahun dengan keuntungan mingguan sebesar 110%, kenaikan mingguan terbesar sejak 2017. Perusahaan teknologi aset digital Marathon Patent Group menunjukkan keuntungan mingguan lebih dari 70%. 

Selanjutnya: Pamor Bitcoin naik lagi, miner di China ramai-ramai menambang pakai laptop gaming

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru