Rekomendasi

Ciptadana Sekuritas beri rekomendasi beli Merdeka Copper Gold (MDKA), ini alasannya

Sabtu, 22 Mei 2021 | 18:05 WIB   Reporter: Akhmad Suryahadi
Ciptadana Sekuritas beri rekomendasi beli Merdeka Copper Gold (MDKA), ini alasannya

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kinerja PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) pada tiga bulan pertama 2021 mengecewakan. Produsen emas ini mencatatkan kerugian tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar US$4,98 juta di kuartal i-2021. 

Padahal di periode yang sama tahun lalu, MDKA masih mencetak laba bersih sebesar US$ 14,97 juta. Tergerusnya bottom line MDKA seiring dengan menurunnya pendapatan perusahaan. 

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, pendapatan MDKA hanya US$ 46,54 juta, turun 55,15% dari pendapatan pada kuartal pertama tahun lalu yang mencapai US$ 103,78 juta.

Meski secara tahunan mengalami tekanan, analis Ciptadana Sekuritas Thomas Radityo yakin kinerja MDKA mulai membaik secara kuartalan. Buktinya, pendapatan tumbuh 83,8% secara kuartalan. 
Melesatnya pendapatan terutama disebabkan oleh  normalisasi kegiatan operasional tambang tembaga Wetar, dan volume penjualan tembaga meningkat sebesar 92,4% menjadi 2.139 ton.

Selain itu, terjadi peningkatan harga jual rata-rata atau average selling price (ASP) tembaga sebesar 9,6% menjadi US$ 7.883 per ton.

Naiknya pendapatan MDKA secara kuartalan ini juga disokong oleh peningkatan produktivitas emas pasca insiden patahan timbunan (heap leach ), di mana volume penjualan emas meningkat 30,3% menjadi 407 kilogram (kg).

Baca Juga: Kinerja Merdeka Copper gold (MDKA) alami tekanan pada 2020, ini penjelasannya

 

 

 

Namun, karena adanya perbaikan pada heap leach pad serta naiknya biaya penjualan dan beban operasi masing-masing  sebesar 57,2% dan 3.197,9%, mengakibatkan kerugian operasional meningkat menjadi US$ 8,9 juta dari sebelumnya US$ 5,9 juta pada kuartal IV-2020.

Thomas juga menilai kinerja di tiga bulan pertama MDKA ini sudah sesuai dengan ekspektasi Ciptadana. Sebab, peningkatan ASP tembaga dan pemulihan produksi emas pada kuartal kedua dan seterusnya akan meningkatkan profitabilitas  di  sisa tahun ini.

Ciptadana Sekuritas mempertahankan rekomendasi beli saham MDKA dengan target harga Rp 3.900 per saham. 

Ciptadana juga mempertahankan MDKA sebagai pilihan utama (top picks) untuk sektor logam mengingat potensi kenaikan yang menggiurkan (48,3%)

“Kami memperkirakan segmen emas perusahaan akan pulih  dari insiden (patahan) September lalu dan kenaikan harga tembaga yang menguntungkan berkontribusi secara signifikan terhadap profitabilitas MDKA,” tulis Thomas dalam riset, Kamis (20/5).

Hanya saja, terdapat sejumlah risiko dari saham ini, diantaranya tertundanya perbaikan heap leach yang mempengaruhi produktivitas emas hingga gejolak harga tembaga dan emas.

 

Selanjutnya: Menilik kinerja sejumlah anak usaha BUMN yang bakal melantai ke bursa saham

 

Editor: Anna Suci Perwitasari
Terbaru