Harga Saham GOTO Kamis (17/6) Melemah Usai Rally, Hari Ini Saatnya Jual atau Beli?

Jumat, 17 Juni 2022 | 08:20 WIB   Reporter: Adi Wikanto, Ridwan Nanda Mulyana
Harga Saham GOTO Kamis (17/6) Melemah Usai Rally, Hari Ini Saatnya Jual atau Beli?


REKOMENDASI SAHAM - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia segera membuka jam perdagangan saham edisi hari ini, Jumat 17 Juni 2022. Sebelum transaksi dimulai, simak rekomendasi saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) hari ini (17/7/2022).

Investor perlu mencermati rekomendasi saham GOTO karena mengalami koreksi harga setelah rally sejak awal bulan. Apakah penurunan harga saham GOTO ini menjadi tanda untuk menjual atau malah membeli?

Harga saham GOTO turun 12 poin atau 2,97% ke level Rp 392 pada perdagangan Kamis (16/6). Penurunan tersebut menghentikan tren kenaikan harga saham GOTO yang berlangsung 6 Juni 2022.

Pada perdagangan 6 Juni 2022, harga saham GOTO ditutup di level 330, turun dari perdagangan hari sebelumnya 354. Namun setelah itu harga saham GOTO bergerak naik dan mencapai puncak pada 15 Juni 2022 di level 404.

 

 

Certified Elliott Wave Analyst Master Kanaka Hita Solvera Daniel Agustinus menilai koreksi harga saham GOTO merupakan kondisi yang normal. Dengan perkembangan saat ini, kenaikan suku bunga The Fed bisa membawa sentimen negatif bagi saham emiten teknologi.

Oleh sebab itu, Daniel menyarankan pelaku pasar yang belum mengantongi saham GOTO agar wait and see terlebih dulu.

Jika harga terkoreksi kembali ke bawah level Rp 360, maka bisa menjadi momentum buy on weakness untuk melakukan akumulasi. Bagi yang sudah memegang saham GOTO, dapat mempertimbangkan sell on strength untuk profit taking di area Rp 400 - Rp 410.

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham PWON, AUTO, dan BANK untuk Jumat (17/6)

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menambahkan, masuknya GOTO ke jajaran LQ45 telah menambah daya tarik salah satu ekosistem digital terbesar di Indonesia ini di pasar saham. Dengan begitu, saham GOTO menjadi lebih likuid.

Namun dengan harga yang sudah bertengger di kisaran Rp 400, saham GOTO sudah berada di ketinggian yang rawan terkoreksi. Apalagi, ketika lonjakan tingkat suku bunga terjadi, maka saham-saham di sektor teknologi biasanya rawan mengalami penurunan.

"Oleh sebab itu harus hati-hati dan pintar memilih strategi. Bagi yang sudah memiliki, jual merupakan pilihan, hold menjadi kesempatan. Bagi yang belum punya, wait and see merupakan jawaban untuk saat ini karena harganya sudah terlampau tinggi," ujar Nico.

Nico pun menilai pelemahan saham GOTO hari ini belum dapat mengkonfirmasi pembalikan arah, lantaran masih harus mencermati pergerakan di beberapa hari ke depan.

Analis Sucor Sekuritas Paulus Jimmy mengatakan, koreksi saham GOTO masih terbilang wajar, dan belum menjadi indikasi pembalikan arah menuju tren pelemahan.

"Wajar, mengingat penguatan (harga saham GOTO) sejak akhir Mei sudah cukup kencang," kata Jimmy saat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (16/6).

Baca Juga: Masih Berada dalam Tekanan, Level US$ 20,000 Jadi Support Penting Bagi Bitcoin

Adapun faktor utama lonjakan harga saham GOTO dalam sebulan terakhir tak lepas dari masuknya emiten ini ke jajaran indeks IDX30, IDX80, dan LQ45 melalui fast entry. "Hal ini menyebabkan naiknya demand untuk GOTO baik dari passive fund maupun active fund," imbuh Jimmy.

Paulus Jimmy juga memandang pergerakan harga saham GOTO masih akan bergerak volatil seiring perkembangan sentimen yang ada. Adapun target Sucor Sekuritas untuk saham GOTO berada di level Rp 444.

Bagi yang sudah memegang saham GOTO, terutama di harga yang cukup bawah, Jimmy merekomendasikan hold untuk jangka panjang jika memilih sebagai investasi. "Sedangkan yang baru masuk untuk trading harus siap menghadapi volatilitas market," tandas Jimmy.

Itulah rekomendasi saham GOTO untuk perdagangan hari ini, Jumat 17 Juni 2022. Ingat disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham GOTO di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru