Harga Sedang Turun, Analis Rekomendasi Jangan Jual Saham ANTM, Simak Alasannya

Rabu, 08 Juni 2022 | 08:15 WIB   Reporter: Adi Wikanto, Yuliana Hema
Harga Sedang Turun, Analis Rekomendasi Jangan Jual Saham ANTM, Simak Alasannya


ANEKA TAMBANG, ANTAM, ANTM - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) segera membuka jam perdagangan saham edisi hari Rabu 8 Juni 2022. Sebelum transaksi, simak rekomendasi saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) untuk perdagangan hari ini Rabu (8/6).

Analis rekomendasi jangan menjual saham ANTM, meskipun sejak awal Juni hingga Selasa (7/6) kemarin sedang mengalami penurunan harga.

Pada akhir perdagangan, Selasa (7/6), ANTM ditutup melemah 1,22% ke posisi Rp 2.420 per saham. Sebagai pembanding, harga saham ANTM pada 31 Mei 2022 ditutup di level 2.520.

 

 

Walhasil, pada pekan pertama Juni 2022, harga saham ANTM sudah berkurang 100 poin. Pada 6 Juni 2022, harga saham ANTM sempat turun hingga ke level 2.410.

Analis prediksi, penurunan harga saham ANTM hanya bersifat sementara. Oleh karena itu, analis rekomendasi hold dan buy untuk saham ANTM karena harga masih berpotensi naik.

Certified Elliott Wave Analyst Master Kanaka Hita Solvera, Daniel Agustinus, merekomendasikan buy on weakness saham ANTM di sekitar level Rp 2.400–Rp 2.450 per saham dengan target penguatan di posisi Rp 2.700 per saham. Analis Jasa Utama Capital Sekuritas Cheryl Tanuwijaya rekomendasi Hold untuk saham ANTM.

Ada beberapa katalis positif sedang menyelimuti PT Aneka Tambang Tbk (ANTM). Hal tersebut dinilai menjadi angin segar untuk mendorong Antam mencetak pertumbuhan kinerja sepanjang tahun ini.

Certified Elliott Wave Analyst Master Kanaka Hita Solvera, Daniel Agustinus, mengatakan, kinerja Antam diprediksi akan kembali cemerlang seiringan dengan kenaikan harga komoditas. Serta, prospek industri baterai yang akan digeluti oleh ANTM.

Baca Juga: Indocement (INTP) dan Merdeka Copper (MDKA) Akan Buyback Saham, Apa Kata Analis?

Seperti yang diketahui, PT Industri Baterai Indonesia (BIC) telah menandatangani framework agreement bersama Antam dan Ningho Contemporary Brunp Lygend Co, Ltd (CBL). Selain itu, ANTM dan IBC juga telah menandatangani perjanjian serupa dengan LG Energy Solution.

"Katalis positif lainnya, ANTM juga mendapatkan porsi operasi yang relatif besar pada sisi hulu terkait dengan penambangan dan pengolahan bijih nikel lewat teknologi Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF) dan High Pressure Acid Leach (HPAL)," jelas Daniel saat dihubungi Kontan.

Adapun, Daniel menyebut tantangan terbesar yang bakal dihadapi oleh Antam sepanjang tahun ini dari pembuatan pabrik baterai cell dan smelter. Menurutnya, pembangunan dua hal tersebut membutuhkan capital expenditure (capex) yang tinggi.

Secara terpisah, Analis Jasa Utama Capital Sekuritas Cheryl Tanuwijaya menambahkan sentimen positif lainnya datang untuk Antam datang dari batalnya pembangunan pabrik Tesla di India. Menurutnya, ini akan memperbesar peluang Tesla akan membangun pabrik di Indonesia.

Namun, Cheryl mengkritisi tantangan utama justru bisa datang internal perusahaan terkait dengan kemungkinan kasus korupsi. Selain itu, fluktuasi harga emas menjelang rapat The Fed juga akan mengganggu.

Itulah rekomendasi saham ANTM untuk trading hari ini, Rabu 8 Juni 2022. Ingat disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham ANTM di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru