IHSG diprediksi kembali rebound, ini saham rekomendasi analis untuk Selasa (8/2)

Selasa, 09 Februari 2021 | 06:35 WIB   Reporter: Nur Qolbi
IHSG diprediksi kembali rebound, ini saham rekomendasi analis untuk Selasa (8/2)


BURSA EFEK / BURSA SAHAM - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup naik 0,93% ke level 6.208,87 pada perdagangan Senin (8/2). Kenaikan ini dipimpin saham-saham sektor properti yang meningkat 2,60% dan pertambangan 1,95%.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan, sentimen positif IHSG berasal dari pernyataan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto yang mengklaim bahwa ada dana sekitar Rp 133 triliun yang siap masuk ke Indonesia Investment Authority (INA).

Hal tersebut sontak membuat saham-saham konstruksi naik signifikan. Sentimen positif lainnya berasal dari kenaikan harga tambang logam dan energi.

Untuk perdagangan Selasa (9/2), Lanjar melihat, IHSG akan melanjutkan kenaikan dalam rangka uji resistance di kisaran 6.225 dengan support di 6.117. "Saham-saham yang masih dapat dicermati secara teknikal diantaranya adalah AALI, ADHI, ADRO, BMRI, LSIP, PTPP, WSBP, WSKT, dan WTON," kata dia dalam risetnya, Senin (8/2).

Baca Juga: Rekomendasi teknikal saham TOWR, INKP dan BMRI untuk perdagangan Selasa (8/2)

Bernada serupa, Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan memperkirakan, IHSG pada esok hari akan cenderung menguat meski terbatas dalam rentang support-resistance 6.065-6.250.

Secara teknikal, kenaikan IHSG akan ditopang oleh rebound saham-saham bluechip yang berada pada area support, seperti BBCA, BBRI, BMRI, dan TLKM.

Di sisi lain, Valdy melihat IHSG juga dibayangi potensi aksi ambil keuntungan pada saham-saham yang menguat signifikan di perdagangan Senin (8/2). "Faktor lain yang berpotensi membayangi pergerakan IHSG di perdagangan Selasa (9/2) adalah penurunan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Indonesia yang baru dirilis," ucap Valdy.

Sebagaimana diketahui, IKK Indonesia bulan Januari 2021 berada di level 84,9, lebih rendah dari IKK Desember 2020 yang sebesar 96,5. Sementara dari eksternal, pelaku pasar juga akan mencermati pidato European Central Bank (ECB) President Christine Lagarde pada Senin (8/2) waktu setempat.

Selanjutnya: Investor asing lepas saham-saham ini di tengah kenaikan IHSG, Senin (8/2)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru