Wall Street Anjlok: S&P 500, Nasdaq dan Dow Jones Ditutup Melemah Lebih Dari 1%

Selasa, 29 November 2022 | 08:00 WIB Sumber: Reuters
Wall Street Anjlok: S&P 500, Nasdaq dan Dow Jones Ditutup Melemah Lebih Dari 1%


WALL STREET - NEW YORK. Wall Street anjlok dengan tiga indeks utama ditutup merosot lebih dari 1% pada awal pekan ini.

Senin (28/11), indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 1,45% menjadi 33.849,46, indeks S&P 500 anjlok 1,54% ke 3.963,95 dan indeks Nasdaq Composite merosot 1,58% ke 11.049,50.

Pada perdagangan ini, 11 indeks sektor pada indeks S&P 500 turun, dipimpin oleh sektor real estate yang merosot 2,81% dan sektor energi yang anjlok 2,74%.

Sentimen yang membebani pasar saham Amerika Serikat (AS) datang dari protes di sejumlah kota besar China terhadap kebijakan ketat COVID-19 yang memicu kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi. Menambah tekanan bagi bursa saham AS, saham Apple Inc yang merosot di tengah kekhawatiran tentang pukulan pada produksi iPhone

Di sesi ini, saham raksasa teknologi Cupertino, California merosot 2,6% dan sangat membebani indeks acuan S&P 500 karena terjadi kerusuhan pekerja di pabrik iPhone terbesar di dunia di China. Hal tersebut akhirnya mengipasi kekhawatiran pukulan yang lebih dalam terhadap produksi ponsel kelas atas yang sudah dibatasi.

Protes yang jarang terjadi di kota-kota besar China selama akhir pekan terhadap pembatasan ketat nol-COVID di negara itu memperburuk kekhawatiran tentang pertumbuhan di ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Baca Juga: Wall Street Melemah, Imbas Demonstrasi di China

"Protes ini hanyalah bukti bahwa ini adalah semacam target bergerak di mana, akankah China terus mencoba untuk benar-benar membatasi penyebaran COVID?" kata Tom Hainlin, National Investment Strategist di U.S. Bank Wealth Management di Minneapolis.

"Atau akankah mereka memiliki lebih banyak pendekatan 'hidup dengan COVID' yang telah kita lihat di Amerika Serikat dan negara-negara lain?"

"Kami pikir COVID itu sendiri dan kebijakan China adalah salah satu variabel kunci untuk 2023 yang akan mempengaruhi harga saham dan investor," kata Hainlin.

Lalu, saham Pinduoduo Inc. melonjak 12,6% setelah platform e-commerce China mengalahkan perkiraan untuk pendapatan kuartal ketiga, dibantu oleh penguncian terkait COVID di negara yang memaksa konsumen untuk berbelanja online.

Saham AS dari perusahaan teknologi China lainnya juga naik, dengan Baidu dan Tencent Holdings, masing-masing naik lebih dari 2%.

Dengan dua hari perdagangan tersisa di bulan November, S&P 500 berada di jalur untuk kenaikan 2,4% untuk bulan tersebut.

Saham Amazon.com Inc juga naik 0,6% setelah laporan industri memperkirakan pengeluaran selama Cyber ​​Monday, hari belanja online terbesar di AS, akan naik hingga US$ 11,6 miliar.

Perdagangan beragam di saham pertumbuhan kelas berat lainnya, termasuk Microsoft Corp, Meta Platforms Inc, Nvidia Corp dan Tesla Inc.

Namun, saham Biogen Inc turun mengikuti laporan kematian selama studi klinis obat Alzheimer eksperimental.

Baca Juga: Obligasi Pasar Berkembang Asia Bersiap Rebound pada Tahun Depan

Saham cryptocurrency dan perusahaan terkait blockchain Coinbase Global Inc, Riot Blockchain Inc dan Marathon Digital Holdings Inc, masing-masing merosot sekitar 4% setelah pengajuan kebangkrutan pemberi pinjaman BlockFi, korban terbaru sejak runtuhnya FTX awal bulan ini.

Minggu ini, investor akan mencermati data kepercayaan konsumen AS bulan November, yang akan dirilis pada hari Selasa; perkiraan kedua pemerintah untuk produk domestik bruto kuartal ketiga, jatuh tempo pada hari Rabu; dan non-farm payrolls November jatuh tempo pada hari Jumat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru