Begini dampak akuisisi aset pabrik Samator ke Aneka Gas Industri (AGII)

Kamis, 07 Januari 2021 | 07:15 WIB   Reporter: Dimas Andi
Begini dampak akuisisi aset pabrik Samator ke Aneka Gas Industri (AGII)


EMITEN -  JAKARTA. Rencana PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII) untuk mengakuisisi aset pabrik gas milik PT Samator senilai Rp 683,396 miliar diprediksi bakal mempengaruhi kelangsungan bisnis perusahaan di masa mendatang.

Direktur Utama Aneka Gas Industri Rachmat Harsono mengatakan, pihaknya berencana menggunakan beberapa sumber pendanaan yang berbeda agar dapat mengoptimalkan keseluruhan nilai transaksi yang dilakukan perusahaan tersebut. Di antaranya adalah kas internal dan pinjaman dari perbankan. 

“Di samping itu, kami juga sedang mengevaluasi beberapa sumber pendanaan lainnya,” jelas dia, Rabu (6/1).

Akuisisi ini pun dinilai akan memperkuat pangsa pasar AGII di kalangan perusahaan gas industri. Per 2019, Gasworld Business Intelligence melaporkan bahwa AGII memiliki pangsa pasar sebesar 37,3% atau menduduki peringkat pertama dari lima besar produsen gas industri yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Pimpin pasar, Aneka Gas Industri (AGII) yakin penjualan gas medis tetap prospektif

Berdasarkan data tersebut, Rachmat memperkirakan, usai akuisisi aset milik Samator, maka pangsa pasar AGII akan bertambah sekitar 5% sampai 7%. Artinya, seluruh bisnis gas Samator akan berada dalam manajemen dan operasional AGII.

Lebih lanjut, akuisisi aset Samator ini dapat meningkatkan efisiensi AGII. Dalam hal ini, transaksi untuk pasokan gas yang sebelumnya masih diperoleh AGII dari Samator, maka tidak lagi diperlukan usai akuisisi terwujud. 

Selain itu, dengan adanya sentralisasi bisnis gas, AGII juga memproyeksikan adanya optimalisasi biaya distribusi, termasuk perihal administrasi seperti sistem centralize billing dan logistik.

Pada saat yang bersamaan, akuisisi ini dapat meningkatkan pendapatan bersih sekaligus mendongkrak marjin kotor maupun marjin laba bersih AGII secara keseluruhan.

“Dengan dikonsolidasikannya bisnis gas Samator di bawah AGII, maka pertumbuhan bisnis gas AGII diharapkan dapat menghasilkan pertumbuhan yang lebih cepat dan dijalankan dengan operasi yang lebih ramping dan efisien,” tandas dia.

Baca Juga: Aneka Gas Industri (AGII) ingin akuisisi aset pabrik gas Samator, ini alasannya

Sebagai informasi, objek transaksi AGII terdiri dari pabrik Cikande yang berlokasi di Provinsi Banten dan pabrik Gresik di Jawa Timur. Kedua pabrik gas tersebut saat ini merupakan aset-aset yang paling produktif dalam grup Samator.

Transaksi afiliasi ini pun dilakukan secara langsung oleh AGII maupun tidak langsung oleh anak usahanya, PT Samator Gas Industri (SGI). Pemegang saham SGI terdiri atas AGII dan Samator masing-masing sebanyak 99,91% dan 0,09%. Sementara itu, Samator selaku pemegang saham utama di AGII memiliki porsi saham sebanyak 49,54%.

 

Selanjutnya: Kawasan industri diprediksi jadi sektor yang bangkit lebih cepat tahun 2021

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru