Bumi Serpong Damai (BSDE) Optimistis Raih Kinerja Apik pada Semester II 2023

Senin, 25 September 2023 | 07:30 WIB   Reporter: Amalia Nur Fitri
Bumi Serpong Damai (BSDE) Optimistis Raih Kinerja Apik pada Semester II 2023


EMITEN - JAKARTA. Emiten properti Grup Sinar Mas, PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) mengatakan pihaknya optimistis pencapaian kinerja laba bersih dan pendapatan masih sesuai dengan target di kuartal III 2023.

Hermawan Wijaya Direktur BSDE menuturkan pendapatan dan laba bersih masih sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

"kinerja laba bersih dan pendapatan di kuartal III 2023 masih sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan," paparnya kepada Kontan, Minggu (24/9).

Sebagai informasi, BSDE mencatat kenaikan laba bersih di angka Rp1,2 triliun alias meningkat 159,02% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yakni Rp463,64 miliar. Lalu, pos laba bersih itu ditopang oleh pendapatan usaha yang mencapai Rp4,99 triliun atau tumbuh 30,31% year-on-year (YoY).

Baca Juga: Bumi Serpong Damai (BSDE) Merambah ke Bisnis Air Minum, Cermati Rekomendasi Analis

Adapun segmen prapenjualan per semester I 2023 senilai Rp 4,79 triliun. Pencapaian tersebut setara dengan 54% dari target prapenjualan 2023 sebesar Rp 8,80 triliun.

BSDE melanjutkan pihaknya saat ini tengah menyelesaikan proyek pembangunan tol Serpong – Balaraja Seksi 1B yang menghubungkan AEON Mall - Legok dan diperkirakan akan selesai pada akhir tahun ini. 

Mengenai proses penyelesaian jalan tol tersebut, BSDE menyambut baik rencana pembangunan instruktur fase 3 MRT Cikarang - Balaraja yang diproyeksikan dimulai pada Agustus 2024.

"Kami selaku pelaku usaha properti menyambut baik pembangunan infrastruktur fase 3 MRT Jakarta dengan rute Cikarang – Balaraja yang pada akhirnya akan meningkatkan aksesibilitas serta mempermudah mobilitas warga masyarakat," imbuh dia.

Lebih lanjut, selain proyek pembangunan jalan tol, BSDE juga tengah melanjutkan proyek yang sedang berjalan di semester II 2023 ini. Di segmen residensial, kawasan BSD City, Perseroan tengah mengembangkan Hiera, Enchante, Eonna, Tanakayu, Terravia, The Ostara, Nava Park, The Zora. Lalu, Grand Wisata, Bekasi antara lain Water Terrace, Z Living, New Westfield, Tanamas. Selanjutnya, Kota Wisata, Cibubur antara lain Vermont, Front Row Studio Loft.

Di segmen komersial, pihaknya tengah membangun BSD City antara lain Northridge Business Center, Latinos Business District, Campton Shophouse, Greenwich Business Park, The Loop, Delrey Business Townhouse, Enchante Business Park, North Point Two, Tekno X.

 

 

Sementara di segmen apartemen, BSDE terus mengembangkan Angkasa dan Upperwest – BSD City, Marigold Nava Park, The Element – CBD Kuningan, Southgate – TB Simatupang, Aerium – Jakarta Barat, Klaska Residence – Surabaya.

Mengenai capex, hingga kini BSDE telah menyerap capex di kuartal II 2023 sebesar Rp1,6 triliun yang digunakan untuk pembelian tanah, pembangunan infrastruktur, pembangunan properti investasi dan pembayaran untuk hak konsesi jalan tol.

Hermawan menambahkan manajemen memiliki keyakinan bahwa segmen residensial akan terus menjadi kontributor utama bagi pertumbuhan berkelanjutan dari emiten berkode BSDE ini.

“Kontribusi BSD City yang kini sudah masuk pengembangan tahap III terus menjadi backbone pertumbuhan penjualan bagi BSDE,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru