Sepanjang 2023, Volume Penjualan Semen Indocement (INTP) Diyakini Naik 4%

Jumat, 29 September 2023 | 06:15 WIB   Reporter: Akhmad Suryahadi
Sepanjang 2023, Volume Penjualan Semen Indocement (INTP) Diyakini Naik 4%


EMITEN - JAKARTA. Tahun ini, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) masih memasang mode optimistis. Corporate Secretary Indocement Tunggal Prakarsa Dani Handajani memproyeksi pasar semen diproyeksikan tumbuh 2%.

Sementara untuk INTP, permintaan diperkirakan tumbuh sekitar 4% pada 2023. Proyeksi ini dengan menimbang adanya tambahan dari pabrik Maros di Sulawesi Selatan.

Adapun volume penjualan semen INTP masih mengalami pertumbuhan. Penjualan semen INTP di bulan agustus mencapai 1,6 juta juta ton. Realisasi ini naik 7,8% dari penjualan semen di periode yang sama tahun lalu.

Jika diakumulasikan, volume penjualan INTP sepanjang delapan bulan pertama 2023 mencapai 10,8 juta ton semen. Angka ini berhasil tumbuh sekitar 8,4%  secara year-on-year (YoY).

Baca Juga: Berencana Bagikan Dividen, Sumber Global Energy (SGER) Gelar RUPS Bulan Depan

“Pertumbuhan terjadi di luar Jawa didukung oleh penjualan semen kantong khususnya di Sulawesi dan Indonesia Timur, sedangkan semen curah khususnya di Kalimantan,” kata Dani kepada Kontan.co.id, pekan lalu.

Adapun penjualan semen domestik masih mengalami pertumbuhan positif di Agustus 2023. Volume penjualan semen domestik pada Agustus 2023 tercatat sebesar 6,0 juta ton. Realisasi ini tumbuh 2,6% secara bulanan dan 1,9% secara tahunan.

Jika diakumulasikan, penjualan semen sepanjang delapan bulan pertama 2023 sebesar 39,2 juta ton. Realisasi ini masih terkoreksi 3,1% YoY.

Selanjutnya: APLN Jual Aset Untuk Bayar Utang

Menarik Dibaca: Ingin Staycation di Penginapan Shrek, Cek Rekomendasi AirBnB Berikut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi
Tag

Terbaru