3 Indeks utama Wall Street ambles, kasus corona di AS melonjak lagi

Selasa, 20 Oktober 2020 | 05:23 WIB   Reporter: Hasbi Maulana
3 Indeks utama Wall Street ambles, kasus corona di AS melonjak lagi

ILUSTRASI. 3 Indeks utama Wall Street ambles, kasus corona di AS melonjak lagi. REUTERS/Carlo Allegri


WALL STREET - NEW YORK. Indeks utama Wall Street ditutup lebih rendah pada hari Senin (19/10) waktu setempat. Parlemen Amerika Serikat (AS) tampaknya masih berjuang untuk mencapai kesepakatan tentang stimulus virus korona menjelang tenggat waktu Selasa, besok. 

Ketua DPR Nancy Pelosi mengatakan pada hari Minggu bahwa untuk mendorong kesepakatan sebelum pemilihan, masalah ini harus diselesaikan Selasa.

Pelosi dan Menteri Keuangan Steve Mnuchin terus mempersempit perbedaan mereka dalam percakapan pada hari Senin. Pelosi berharap pada Selasa akan ada kejelasan tentang apakah stimulus virus korona mungkin dilakukan sebelum pemilihan 3 November, menurut juru bicara untuk Pelosi.

Investor juga khawatir tentang meningkatnya kasus virus korona di beberapa bagian Amerika Serikat.

3 Indeks utama Wall Street ambles, kasus corona di AS melonjak lagi.

Baca Juga: China bantah tuduhan AS melakukan penahanan sewenang-wenang pada warga negara asing

"Kurangnya berita tentang stimulus mengkhawatirkan ditambah dengan tren virus yang memburuk dan ketidakpastian menjelang pemilu," kata Mona Mahajan, Ahli Strategi Investasi AS, Allianz Global Investors, New York.

Pekan lalu, Gedung Putih mengusulkan paket stimulus senilai US$ 1,8 triliun yang ditolak Pelosi karena tidak memenuhi permintaan bantuan sebesar US$ 2,2 triliun.

Ketika Wisconsin berjuang melawan salah satu lonjakan virus korona terburuk di Amerika Serikat, seorang hakim pada hari Senin memberlakukan kembali pembatasan. Di New Mexico, gubernur memperingatkan bahwa sumber daya perawatan kesehatan negara bagian mungkin tidak cukup jika kasus terus meningkat dengan kecepatan saat ini.

Jumlah kasus COVID-19 baru di Amerika Serikat minggu lalu naik 13% menjadi lebih dari 393.000, mendekati level yang terakhir terlihat selama puncak musim panas, menurut analisis Reuters.

Baca Juga: Wall Street dibuka menguat di tengah optimisme kesepakatan pembicaraan stimulus AS

Dow Jones Industrial Average turun 410,89 poin (-1,44%) menjadi 28.195,42. S&P 500 kehilangan 56,89 poin (-1,63%) menjadi 3.426,92. Adapun Nasdaq Composite turun 192,67 poin (-1,65%), menjadi 11.478,88.

Semua 11 sektor industri S&P utama ditutup lebih rendah, dengan energi, turun 2%, memimpin penurunan persentase diikuti oleh indeks layanan komunikasi, turun 1,9%. Hanya sektor utilitas defensif, turun 0,9%, diakhiri dengan penurunan kurang dari 1%.

Selanjutnya: Penjualan Obat Pertama Covid 19 Tidak Sesuai dengan Ekspektasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hasbi Maulana

Terbaru