Emiten

Akan akuisisi Elang Medika, Sarana Meditama (SAME) rogoh kocek Rp 1,35 triliun

Sabtu, 08 Mei 2021 | 07:30 WIB   Reporter: Kenia Intan
Akan akuisisi Elang Medika, Sarana Meditama (SAME) rogoh kocek Rp 1,35 triliun

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) akan mengakuisisi saham PT Elang Medika Corpora (EMC). Untuk melancarkan aksinya, SAME perlu mengantongi restu pemegang saham dalam RUPSLB yang akan digelar 10 Mei 2021 mendatang.

Emiten pengelola rumah sakit OMNI Hospitals itu akan mengambil alih seluruh saham EMC yang dimiliki PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK). Harga pembeliannya mencapai Rp 1,35 triliun.

"Jumlah saham EMC yang akan diambilalih perseroan adalah 1.254.899 lembar saham atau 99,99% dari modal ditempatkan dan disetor pada EMC, dengan nilai nominal seharga Rp 1.000.000 per lembar saham," ujar manajemen SAME seperti yang tertulis dalam keterbukaan informasi, Jumat (7/5).

Baca Juga: Kinerja membaik, Sarana Meditama Metropolitan (SAME) tidak lagi merugi

Lebih lanjut diungkapkan, harga pembelian EMC senilai Rp 1.075.784 per saham. Pembayaran atas pengalihan tersebut akan dilakukan secara tunai oleh SAME dari hasil penambahan modal dengan HMETD.

Sebagai gambaran,  saat ini EMTK  merupakan pemegang saham SAME dengan jumlah kepemilikan sebesar 72,19% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor. Di sisi lain, EMTK sekaligus pemegang saham EMC.

Asal tahu saja, EMC adalah perusahaan yang secara tidak langsung memiliki usaha rumah sakit. EMC merupakan induk perusahaan dan pemegang saham dari UNPM, rumah sakit  EMC Sentul yang sebelumnya bernama Rumah Sakit Pertamedika Sentul. Di samping itu, EMC juga memiliki UTPM, rumah sakit EMC Tangerang yang sebelumnya bernama Rumah Sakit Usada Insani.

Dengan kata lain, EMC dan SAME memiliki kegiatan usaha yang sejenis yakni bidang pelayanan kesahatan dengan membangun dan mengelola rumah sakit. Oleh karenanya, langkah transaksi ini diharapkan akan memicu efisiensi dalam operasional SAME, sehingga hal tersebut dapat memberikan kontribusi positif atas kinerja keuangan konsolidasian pada masa yang akan datang.

"Sehingga perseroan dapat memberikan nilai tambah bagi seluruh pemegang saham," ujar manajemen SAME dalam keterbukaan informasinya.

 

 

Selanjutnya: Bisnis rumah sakit sudah konsolidasi, begini kinerja Emtek (EMTK) di kuartal I-2021

 

Editor: Khomarul Hidayat
Terbaru