Analis Binaartha: Perubahan nama emiten tak beri sentimen khusus ke saham

Senin, 19 Oktober 2020 | 08:00 WIB   Reporter: Benedicta Prima
Analis Binaartha: Perubahan nama emiten tak beri sentimen khusus ke saham


EMITEN - JAKARTA. Dalam dua bulan terakhir, terdapat delapan emiten mengubah namanya. Alasannya beragam, mulai dari adanya aksi akuisisi, perubahan bisnis utama hingga sinergi dengan grup.

Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta menjelaskan perubahan nama tersebut tidak banyak memberikan sentimen terhadap pergerakan sahamnya.

Investor lebih cenderung memperhatikan bagaimana kinerja fundamental emiten serta prospek ke depan.

Baca Juga: Selain Sierad Produce (SIPD), 8 emiten ini juga ganti nama

Beberapa emiten yang melakukan pengubahan nama antara lain PT Sierad Produce Tbk menjadi PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk (SIPD), kemudian PT Sitara Propertindo Tbk menjadi PT Agung Semesta Sejahtera Tbk (TARA), dan PT Ayana Land menjadi PT Andalan Perkasa Abadi Tbk (NASA).

Dari beberapa saham tersebut, Nafan belum memiliki rekomendasi. "Mengingat pergerakan harga yang relatif kurang likuid dan sejauh ini kinerja masih dalam tekanan faktor pandemi Covid-19 menjadi yang paling krusial," jelas Nafan, Minggu (18/10).

Analis Philip Sekuritas Anugerah Zamzami Nasr juga mengatakan, perubahan nama tersebut tidak memberi sentimen khusus pada pergerakan saham. "Tapi tampaknya perubahan nama tidak terlalu berpengaruh ke kinerja perusahaan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru