Cek Rekomendasi Analis untuk Saham Media: MNCN dan SCMA

Senin, 07 Februari 2022 | 06:00 WIB   Reporter: Ika Puspitasari
Cek Rekomendasi Analis untuk Saham Media: MNCN dan SCMA


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Analis memandang kinerja emiten media bakal bertumbuh pada tahun ini seiring dengan upaya untuk memperkuat segmen digital.

Analis BRI Danareksa Sekuritas Andreas Kenny memperkirakan kinerja PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) dan PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) bisa tumbuh dobel digit pada tahun 2022.

Kedua emiten media ini tengah fokus pada bisnis digital. Seiring dengan itu, diprediksi akan ada penambahan biaya untuk memperkuat bisnis digitalnya. Misalnya saja SCMA, melalui Vidio.com emiten ini menargetkan memperoleh pelanggan sebanyak 4 juta.

Sementara itu, MNCN telah memutuskan melakukan konsolidasi aset digital MNC Media di bawah PT MNC Studios International Tbk (MSIN).

Baca Juga: IHSG Diproyeksi Menguat di Awal Pekan, Cermati Pergerakan Saham BSDE, MNCN dan BBCA,

Sebagai informasi, aksi korporasi MSIN berupa konsolidasi aset ini mencakup akuisisi 99,99% saham PT MNC Digital Indonesia dari PT Media Nusantara Citra Tbk.

Kemudian, akuisisi 99,99% saham PT MNC Portal Indonesia dari MNCN. Aksi ini turut mengambil alih 99,99% saham PT MNC OTT Network dari PT MNC Vision Networks Tbk.

 

 

Pada tahun lalu, MNCN mencatat pencapaian pangsa pemirsa di slot prime-time dengan pangsa pemirsa rata-rata 52,2%. Angka ini meningkat sebesar 14,7% ketimbang pencapaian pada tahun 2020 yaitu sebesar 37,5%.

Kontributor utama dari kenaikan yang signifikan dari pangsa pemirsa prime-time MNCN ini adalah berasal dari jajaran serial drama dengan performa yang kuat, diproduksi seluruhnya oleh MSIN dan berbagai program spesial in-house, seperti X Factor Indonesia, Indonesian Idol, dan Master Chef Indonesia.

Baca Juga: IHSG Diprediksi Lanjut Menguat, Simak Pilihan Beberapa Saham Ini

Selain itu, pada slot all-time, MNCN mampu meraih pangsa pemirsa sebesar 44,8%, atau naik 8,8% dari pencapaian pada tahun sebelumnya yaitu sebesar 36%. 

Pada tahun 2022, MNCN berencana untuk memonetisasi konten internalnya lebih lanjut melalui iklan kreatif dengan meningkatkan penyiaran konten siaran lokal dibanding asing untuk mendekat rasio 90%:10% dibandingkan sebelumnya yaitu sekitar 80%:20% pada tahun 2021.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru