Cerita mereka yang berinvestasi bitcoin

Sabtu, 28 November 2020 | 10:00 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Cerita mereka yang berinvestasi bitcoin


BITCOIN - LONDON. Arianna O'Dell, seorang pengusaha berusia 30 tahun dan sekaligus penulis lagu yang tinggal di New York City telah mengalami perjalanan investasi cryptocurrency atau mata uang digital cukup bergejolak selama empat tahun sebelum akhir memutuskan untuk melepaskan investasinya pada Februari lalu.

Namun, harga bitcoin baru-baru ini mengalami kenaikan lagi sejak anjlok setahun lalu dan menyentuh level terendah pada 13 Maret di angka US$ 3.850.

Harganya telah naik 160% tahun ini dan terakhir diperdagangkan pada $ 19.239 pada hari Rabu, mendekati level tertinggi sepanjang masa sekitar US$ 19.666 yang dicapai pada bulan Desember 2017.

Keputusan O’Dell belum optimal dalam menentukan kapan harus membeli atau menjual. Sehingga ia harus terlewat dari kenaikan yang terjadi belakangan ini. Pergerakan harga bitcoin memang seperti roller coaster, dalam sekejap bisa meluncur dan tanpa aba-aba bisa langsung meroket.

Banyak investor ritel yang tahan dengan kecepatan daya luncurnya, memilih berhenti di tengah jalan dengan menanggung risiko rugi dan kehilangan kesempatan meraup cuan saat sudah meroket lagi seperti sekarang.

Baca Juga: Bitcoin diprediksi bisa meroket menembus US$ 100.000 pada tahun 2021

O'Dell tidak menyesali keputusannya. Baginya, menginvestasikan hasil senilai US$ 2.705 ke dalam bisnisnya lebih baik daripada menanggung tekanan fluktuasi harian, meskipun harganya telah naik dua kali lipat saat ini.

"Sejujurnya saya memiliki lebih banyak keberuntungan di Vegas daripada yang saya miliki dengan cryptocurrency,” kata O'Dell dalam sebuah wawancara dikutip Reuters, Jumat (27/11).

Ia merupakan  bagian dari kelas investor ritel yang relatif baru yang bergabung dengan pasar kripto bertahun-tahun yang lalu, membantu mendorong harga bitcoin ke level tertinggi hampir US$ 20.000.

Cerita serupa datang dari Akram Tariq Khan, pengusaha dan pendiri perusahaan e-commerce YourLibaas di New Delhi. Ia masuk ke bitcoin pada tahun 2017 dengan total aset US$ 160.000 pada puncaknya.

Tetapi pria 25 tahun itu ketakutan saat harga merosot hampir 50% dan akhirnya menjual asetnya.  Secara keseluruhan, dia telah kehilangan modal sekitar US$ 10.000.

“Dalam retrospeksi, memegang sepertinya keputusan yang tepat, tetapi ketika Anda telah membeli sesuatu dengan harga yang jauh lebih tinggi dan Anda melihat harga turun drastis, ada dampak psikologis. Bitcoin bisa saja mencapai US$ 1.000 dan tidak akan pernah kembali,” kata Khan.

Berinvestasi dalam cryptocurrency seperti bermain roulette, kata beberapa ahli, karena tidak ada yang benar-benar mengerti apa yang terjadi. Tidak seperti saham atau obligasi, di mana tren bisnis atau keputusan bank sentral dapat memengaruhi harga, nilai crypto tetap menjadi teka-teki.

Analis jarang menunjukkan penyebabnya ketika harga tiba-tiba jatuh, atau terhenti selama bertahun-tahun.

Bahkan, investor kakap pun turut merugi karena memilih keluar dari cryptocurrency itu. Miliarder Masayoshi Son, CEO Softbank Jepang yang sempat berinvestasi di bitcoin telah menjual seluruh investasinya itu pada tahun 2018 dengan kerugian sekitar US$ 50 juta.

Tetapi ia tak menyesal melewatkan reli terbaru ini."Hari ini mungkin lebih dari harga yang saya jual, tetapi saya merasa jauh lebih baik karena setidaknya saya tidak perlu memikirkan sesuatu yang tidak saya mengerti," katanya pada acara New York Times.

Baca Juga: Aset Berisiko Diminati, Harga Bitcoin Kian Mendekati Rekor Harga Tertinggi

Michael Edesess, seorang asisten profesor di Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong, menggambarkan bitcoin sebagai  investasi yang tidak terlalu rasional.

"Untuk ahli matematika dan ekonom seperti saya, bitcoin menawarkan pengembalian yang diharapkan nol - yaitu, kemungkinan naik atau turun dengan jumlah yang sama, adalah sama," katanya.

Beberapa investor kecil memang memegang bitcoin mereka, mengadopsi mantra "HODL", yang berasal dari posting 2013 di mana pengguna salah mengeja niatnya untuk terus merampas  bitcoin daripada menahannya. Tetapi yang lain hanya mencari uang cepat dan membeli di dekat bagian atas pasar.

Sangat mustahil mengetahui rincian pasti antara investor ritel dan profesional di cryptocurrency karena transaksinya anonim dan bursa tidak membagikan informasi terperinci tentang pengguna.

Banyak ahli crypto mengatakan bahwa investor institusional telah memainkan peran yang lebih besar tahun ini daripada di masa lalu.

Mereka mengutip permintaan untuk aset berisiko di tengah program stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk melawan Covid-19, dan ekspektasi bitcoin akan memenangkan penerimaan yang lebih luas sebagai metode pembayaran.

Mereka juga menunjukkan peningkatan dalam struktur pasar yang menarik investor yang lebih besar, serta penelusuran Google yang jauh lebih sedikit untuk istilah "bitcoin", yang biasanya meningkat seiring dengan keterlibatan amatir.

Baca Juga: AS menyita bitcoin senilai US$ 1 miliar, terbesar dalam sejarah

Namun, beberapa ahli juga mengatakan gelombang baru partisipasi ritel mungkin akan datang, karena investor Main Street biasanya meningkatkan partisipasi pada puncak gelembung.

Misalnya, Livi Morris, seorang musisi yang berbasis di London, melihat portofolio cryptocurrency-nya kehilangan 70-80% tidak berselang lama setelah ia masuk pada Januari 2018. Ia memutuskan menjualnya pada Juni 2020.

Morris menyatakan penyesalan karena menjual terlalu dini, tetapi telah mulai membeli crypto lagi dalam beberapa minggu terakhir setelah membaca bahwa perusahaan yang lebih besar telah memasuki pasar. Dia berfokus pada koin virtual yang lebih kecil, berharap kali ini akan berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru