Ikhtiar Waskita Karya (WSKT) Perbaiki Kesehatan Keuangan

Kamis, 17 Agustus 2023 | 08:15 WIB   Reporter: Diki Mardiansyah
Ikhtiar Waskita Karya (WSKT) Perbaiki Kesehatan Keuangan


EMITEN - JAKARTA. PT Waskita Karya Tbk (Persero) atau WSKT berupaya melakukan perbaikan kinerja keuangan dan performa perusahaan secara menyeluruh. Perbaikan tersebut sesuai Program Transformasi Waskita yang mengusung 3 pilar yaitu Portfolio & Innovation, Lean, dan Digitalisasi.

Direktur Utama Waskita, Mursyid mengatakan perusahaan saat ini selektif dalam memilih proyek, terutama dalam hal pembayaran dengan menetapkan uang muka dan monthly payment.

Proyek juga sudah melalui Komite Manajemen Resiko Konstruksi sehingga harapannya proyek-proyek yang diperoleh dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu, serta memberikan dampak positif bagi kinerja perusahaan.

Baca Juga: Waskita Karya (WSKT) Tak Bayar Bunga Obligasi yang Jatuh Tempo Hari Ini

"Selain itu, konsep lean dan digitalisasi juga diusung agar Waskita apat efektif dan efisien sehingga dapat mengurangi biaya-biaya yang tidak diperlukan," kata Mursyid dalam keterangan resmi, Rabu (16/8).

Menurut Musyrid, Waskita melakukan sentralisasi procurement, engineering dan penerapan lean construction pada proyek-proyek yang sedang berjalan serta melakukan efisien beban biaya operasional serta reorganisasi sebagai konsep lean office. Hal ini dilakukan agar proses bisnis perseroan menjadi lebih efisien dan agile.

Mursyid menambahkan, digitalisasi sangat penting dilakukan. Selain lebih efisien, tentunya sebagai bentuk peningkatan implementasi tata kelola perusahaan yang baik, terutama dalam hal transparansi.

Lebih lanjut, perbaikan yang dilakukan Waskita yaitu implementasi penerapan SNI ISO 37001:2016 dan peningkatan penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG), serta menjalankan prinsip Zero Tolerance terhadap pelanggaran peraturan perundangan yang berkaitan dengan tindak pidana korupsi.

 

 

"Termasuk di dalamnya penerapan Whistle Blowing System (WBS) yang bertujuan untuk mendeteksi fraud secara dini," ujar Mursyid.

Mursyid menegaskan, dengan segala kondisi yang dialami Waskita saat ini, pihaknya terus berkomitmen untuk menjalankan operasional sebagaimana mestinya dan tetap fokus untuk menyelesaikan proyek-proyek yang sedang berjalan serta terus melakukan tata kelola yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru