Kalbe Farma Akan Bayar Dividen Rp 35 Per Saham, Cek Harga Saham KLBF Terkini

Jumat, 20 Mei 2022 | 08:15 WIB   Reporter: Adi Wikanto, Kenia Intan
Kalbe Farma Akan Bayar Dividen Rp 35 Per Saham, Cek Harga Saham KLBF Terkini


KLBF - JAKARTA. Pengumuman untuk investor yang suka berburu dividen saham. PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) mengumumkan akan melakukan pembayaran dividen saham. Sebelum melihat nilai dividen, mari cek harga saham KLBF terkini.

Harga saham KLBF pada perdagangan Kamis 19 Mei 2022 ditutup melemah di level 1.605, turun 20 poin atau 1,23% dari sehari sebelumnya. Sejak awal tahun atau secara year to date (ytd), harga saham KLBF terkoreksi 15 poin atau -0,93%.

Belakangan ini, harga saham KLBF sering bergerak di zona merah. Padahal, pada awal tahun 2022 harga saham KLBF sempat tren naik dan mencapai level tertinggi 1.715 pada 18 Januari.

Sementara itu terkait pembayaran dividen saham, kebijakan ini diputuskan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang hari Kamis (19/5).  Total dana pembayaran dividen saham KLBF tahun 2022 ini adalah berjumlah Rp 1,6 triliun.

Baca Juga: Bukan Bitcoin atau Dogecoin, Berikut 5 Aset Kripto Berpotensi Naik Harga Pekan Ini

Manajemen KLBF akan melakukan pembayaran dividen saham sebesar Rp 35 per saham. Dibandingkan dengan laba bersih per saham KLBF tahun 2021 yang sebesar Rp 67,9, per saham, pembayaran dividen itu mencerminkan 51,5% dari laba. 

"Ini konsisten dengan strategi dividend payout yang dilakukan Kalbe Farma yaitu tetap mempertahankan rasio payout sekitar 45% sampai dengan 55%," ujar Direktur PT Kalbe Farma Tbk Bernadus Karmin Winata dalam konferensi pers RUPST PT Kalbe Farma Tbk yang digelar Kamis, (19/5). 

Ia juga mencermati, payout ratio ini secara gradual terus meningkat dari tahun ke tahun. Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk  Vidjong menambahkan, ke depannya payout ratio dividen KLBF akan tetap dipertahankan di kisaran angka tersebut. Ini bukan hal mustahil, sebab manajemen memperkirakan kinerja KLBF di tahun 2022 ini dapat meningkat sekitar 11% hingga 15%  dari sisi penjualan maupun laba bersih. 

Sepengamatan Vidjongtius, upaya pemerintah untuk terlepas dari status pandemi menjadi endemi dengan pelonggaran mobilitas masyarakat menjadi salah satu sentimen positif yang akan menopang pertumbuhan kinerja KLBF ke depan. 

"Memberikan suatu sentimen positif untuk kita semua karena roda perekenomian juga mulai berputar," jelas Vidjong dalam kesempatan yang sama.  Pihaknya juga akan mengatur cashflow yang baik supaya rasio dividen itu bisa diwujudkan.

Walau diwarnai sentimen positif, KLBF tetap mewaspadai fluktuasi dari situasi global yang bergejolak. Kondisi ini berpengaruh pada supply chain global yang akhirnya berdampak pada rantai pasokan KLBF.  Di sisi lain, manajemen KLBF juga terus mencermati mata uang rupiah yang dalam tren pelemahan. 

Sekadar informasi, selain menyetujui pembagian dividen, Kalbe Farma juga mengangkat Rhenald Kasali sebagai Komisaris Independen menggantikan Lucky Surjadi Slamet. Sementara untuk susunan direksi masih sama dengan sebelumnya. 

Jadwal pembayaran dividen saham KLBF

Manajemen KLBF memang belum resmi mengumumkan pembayaran dividen saham pada tahun 2022. Namun, berkaca pada periode sebelumnya, pembayaran dividen saham KLBF tahun 2022 bakal berlangsung dalam waktu dekat setelah RUPST.

Sebagai pembanding, pada tahun 2021 KLBF menggelar RUPST pada 27 Mei. Pada saat itu, RUPST memutuskan pembayaran dividen saham KLBF sebesar  Rp 28 per saham, dengan total dividen final sebesar Rp 1,59 triliun.

Lalu, jadwal pembayaran dividen tunai saham KLBF jatuh pada tanggal 30 Juni 2021. Sedangkan jadwal cum dividen di pasar reguler dan Negosiasi pada tanggal 7 Juni 2021, cum dividen di pasar tunai pada tanggal 9 Juni 2021.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru