Bukan Bitcoin atau Dogecoin, Berikut 5 Aset Kripto Berpotensi Naik Harga Pekan Ini

Kamis, 19 Mei 2022 | 08:30 WIB   Reporter: Adi Wikanto, Hikma Dirgantara
Bukan Bitcoin atau Dogecoin, Berikut 5 Aset Kripto Berpotensi Naik Harga Pekan Ini


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penurunan harga uang kripto Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, hingga Dogecoin masih terjadi pada perdagangan Kamis 19 Mei 2022 pagi. Oleh karena itu, pakar kripto melihat bukan Bitcoin atau Dogecoin yang memiliki prospek kenaikan harga pada pekan ketiga Mei 2022 ini.

Pada perdagangan Kamis 19 Mei 2022 pukul 7.12 WIB, Coinmarketcap mencatat penurunan harga Bitcoin (BTC). Harga uang kripto Bitcoin / BTC yang merupakan crypto currency dengan market cap terbesar, berada di evel US$ 28.831,16. Dalam 24 jam terakhir, harga Bitcoin / BTC turun 5,63%. Dalam 7 hari perdagangan, harga Bitcoin / BTC masih terkoreksi 0,87%

Harga Dogecoin / DOGE juga turun 7,63% dalam 24 jam terakhir menjadi US$ 0,08377. Dalam 7 hari perdagangan, harga Dogecoin turun 2,37%. Dogecoin saat ini duduk di peringkat 10 sebagai uang kripto dengan nilai pasar terbesar di dunia sebesar US$ 11,03 miliar.

Trader Tokocrypto Afid Sugiono mengatakan, kemungkinan besar, dalam sepekan ke depan diperkirakan tidak ada pergerakan signifikan alias masih stagnan atau konsolidasi.

“Harga-harga aset kripto saat ini melanjutkan proses konsolidasi yang terjadi sejak akhir pekan lalu. Itu adalah kondisi di mana harga kripto tengah meraba-raba pergerakan arah harga berikutnya,” ujar Afid dalam Tokocrypto Market Signal yang dirilis Rabu (18/5).

Walau begitu, dia meyakini terdapat beberapa aset kripto yang punya potensi untuk mengalami kenaikan. Berikut lima aset kripto yang berpotensi menguat pada pekan ini.

EOS

EOS (EOS) membuka daftar aset kripto yang potensi bullish pada pekan ketiga ini. EOS merupakan kripto asli untuk mendukung proyek blockchain EOS.IO untuk pengembangan platform smart contract dan aplikasi terdesentralisasi atau decentralized application (DApp).

Afid menjelaskan, potensi bullish EOS terjadi karena akan melakukan hard fork pada jaringan blockchain-nya bernama Mandel. Hard fork akan dilaksanakan pada 19 Mei mendatang.

"Hard fork akan membuat efisiensi EOS meningkat dan membawanya lebih cepat dalam memproses transaksi. Sehingga menjadi katalis positif untuk EOS," kata Afid.

Baca Juga: Harga Bitcoin (BTC) Hari Ini (19/5) Turun Lagi, Cek 5 Aset Kripto Berpotensi Bullish

KAVA

Berikutnya, terdapat aset kripto bernama Kava (KAVA) yang berpotensi bullish pekan ini. Menurut Afid, potensi kenaikan harga KAVA datang dari kabar jadwal ulang peluncuran mainnet Kava 10 yang akan dilakukan pada 25 Mei mendatang. 

Sebelumnya, peluncuran dijadwalkan pada 10 Mei, namun mengalami pemunduran untuk memastikan jaringan berjalan lancar. Walau sempat mundur, mainnet ini sudah ditunggu investor karena akan menghubungkan dua ekosistem terdesentralisasi terbesar antara Ethereum dan Cosmos, yang akan menciptakan lonjakan aktivitas di jaringan KAVA

Lebih lanjut, Afid menjelaskan dari analisis teknikalnya kemungkinan besar selama batas bawah pada $ 2,63 masih terjaga, KAVA masih dapat bergerak menuju harga sekitar $ 3,45 atau naik 29% dalam beberapa hari ke depan.

ADA

Aset kripto ketiga yang bisa menguat adalah Cardano (ADA). Afid melihat kenaikan harga ADA didorong oleh kabar akan adanya perilisan Djed sebagai stablecoin Cardano yang dalam waktu dekat melakukan testnet publik.

"Pengumuman Djed sebagai stablecoin berbasis Cardano membuat sentimen positif pada harga ADA. Nilai ADA bisa melonjak dan akan berlangsung selama sepekan ke depan," imbuh Afid.

Sementara dari sisi teknikalnya, selama batas bawah pada US$ 0,59 masih terjaga, ADA masih dapat bergerak menuju harga sekitar US$ 0,69 atau naik 16% dalam beberapa hari ke depan.

RUNE

Berikutnya ada THORChain (RUNE), sebuah protokol blockchain terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna dengan mudah menukar aset kripto mereka dari berbagai jaringan, tanpa perlu pihak ketiga, seperti Coinbase atau Binance.

Afid melihat RUNE berpotensi bullish seiring THORChain yang telah memastikan peluncuran mainnet yang kemungkinan terjadi pada 31 Mei mendatang. Menurutnya, sentimen positif ini sudah menguat sehingga menggerakkan harga RUNE.

Berdasarkan analisis teknikalnya, RUNE dapat terus bergerak menuju harga $ 4,5 atau naik sekitar 15% dari harga bawah $ 3,5 dalam beberapa hari ke depan.

XTZ

Aset kripto terakhir yang berpotensi bullish adalah Tezos (XTZ). XTZ digunakan untuk menjalankan aplikasi terdesentralisasi. Pemegang token XTZ juga memiliki hak suara dalam pengajuan proposal terkait blockchain Tezos. 

Afid melihat XTZ berpotensi bullish karena Nomadic Labs, pengembang blockchain Tezos, akan meningkatkan jaringan Jakarta Protocol.

"Pembaruan besar pada protokol ekonomi Tezos ini, akan mengaktifkan throughput yang lebih tinggi dengan memindahkan validasi transaksi dari rantai utama, ke Layer 2. Sentimen ini menggerakkan harga XTZ naik," kata Afid.

Berdasarkan analisis teknikalnya, XTZ sedang perlahan bergerak naik, setelah sempat terkoreksi dalam. Kemungkinan besar XTZ dapat terus bergerak menuju harga US$ 2,5 atau naik sekitar 20% dari harga bawah US$ 1,8 dalam beberapa hari ke depan.

Itulah perkembangan harga uang kripto seperti Bitcoin, Ethereum dll pada perdagangan hari ini Kamis 19 Mei 2022. Ingat disclaimer on, prediksi uang kripto ini tidak menyarankan Anda untuk jual atau beli. Segala risiko investasi uang kripto menjadi tanggung jawab Anda Sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru