Kinerjanya Membaik, Simak Rekomendasi Saham Summarecon Agung (SMRA)

Selasa, 29 Maret 2022 | 05:50 WIB   Reporter: Sugeng Adji Soenarso
Kinerjanya Membaik, Simak Rekomendasi Saham Summarecon Agung (SMRA)


PT SUMMARECON AGUNG TBK (SMRA) -  JAKARTA. PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) mencatatkan kinerja positif sepanjang 2021. Laba bersih emiten properti ini melesat 80% menjadi Rp 323,7 miliar.

Kenaikan laba bersih Summarecon Agung beriringan dengan pendapatan SMRA yang tumbuh 10,75% menjadi Rp 5,56 triliun. Pada tahun sebelumnya, Summarecon mencatatkan pendapatan sebesar Rp 5,02 triliun.

Analis Investindo Nusantara Sekuritas, Pandhu Dewantoro, menilai, pendapatan SMRA tahun ini sudah hampir mencapai level sebelum Covid-19. Sehingga, dia berpendapat kinerja SMRA sudah hampir sepenuhnya pulih pasca pandemi. "Insentif dari pemerintah berperan besar dalam mendongkrak kinerja SMRA," ujarnya kepada Kontan.co.id, Senin (28/3).

Tahun ini, manajemen menargetkan marketing sales Rp 5 triliun, lebih rendah daripada realisasi tahun lalu sebesar Rp 5,2 triliun. Meski begitu, target ini relatif lebih tinggi dibanding rata-rata pencapaian marketing sales 5 tahun terakhir sekitar Rp 3,9 triliun.

Baca Juga: Laba Bersih Summarecon Agung (SMRA) Melesat 80% Sepanjang 2021

Untuk mencapai target tahun ini, perseroan mempersiapkan dua faktor pendukung yaitu volume dan harga yang akan mendukung perseroan. Pandhu memperkirakan harga jual properti perlahan dinaikkan untuk mengurangi biaya produksi yang lebih tinggi akibat kenaikan bahan baku seperti besi baja dan semen.

Selain itu, SMRA tahun ini juga masih akan mengandalkan sektor landed house dengan sebaran lokasi di Serpong, Bekasi, Bandung, Karawang, Makasar dan Bogor yang sudah berjalan hingga saat ini, dengan kontribusi marekting sales terbesar dari Jakarta Raya dan Serpong. Manajemen menargetkan kontribusi marketing sales dari Serpong  30%, sisanya dari Bogor dan Bekasi.

 

 

Saat ini, SMRA juga masih dalam tahap pembangunan Summarecon Mall Bandung dan Summarecon Villagio di Karawang. Keduanya ditargetkan beroperasi pada akhir tahun ini diharapkan dapat membantu perusahaan mencapai target.

Walau begitu, sentimen yang perlu diperhatikan untuk tahun ini selain relaksasi pajak diantaranya adalah kebijakan tapering yang mulai dijalankan oleh BI dan potensi kenaikan suku bunga pada tahun ini menyusul kebijakan yang dilakukan oleh the Fed dalam rangka memerangi inflasi. 

Baca Juga: Penandatanganan MoU PT Summarecon Agung Tbk dan PT KAI Indonesia (Persero)

Sebab, semakin tinggi suku bunga tentu semakin tinggi biaya yang diperlukan oleh konsumen untuk menjangkau harga jual, sehingga hal ini dinilai dapat menghambat pertumbuhan penjualan.

"Apalagi selama ini sektor properti dianggap paling sensitif terhadap perubahan suku bunga. Untuk kuartal pertama tahun ini seharusnya masih aman, tetapi memasuki kuartal kedua perlu lebih memperhatikan apakah ada perlambatan terhadap marketing sales atau tidak," jelasnya.

Secara keseluruhan, Investindo Nusantara Sekuritas memperkirakan SMRA dapat mencapai target marketing sales tahun ini. Pihaknya juga memproyeksikan pendapatan dapat mencapai Rp 6 triliun dan laba bersih Rp 490 miliar.

Untuk sahamnya, saat ini SMRA diperdagangkan pada PBV 1,16 kali, lebih rendah dibanding rata-rata PBV 3 tahun terakhir sekitar 1,8 kali. Menurutnya, jika dilihat dari discount to RNAV saat ini masih diperdagangkan pada level sekitar 77% sehingga masih relatif rendah dibanding rata-rata discount to RNAV sekitar 70%, atau jika ditranslasikan sekitar Rp 1.035.

Baca Juga: Rekomendasi Saham Hari Ini (4/3): Selusin Pilihan Saham untuk Berakhir Pekan

"Kami targetkan harga SMRA dapat mencapai Rp 1.000 untuk 12 bulan ke depan, dengan demikian masih ada upside sekitar 26% dari harga saat ini atau masih cukup menarik jika realisasi pencapaian kinerja on the track dengan rencana dan target dari manajemen," paparnya.

Secara teknikal, Analis Phillip Sekuritas Joshua Marcius melihat SMRA berpotensi untuk bergerak menguat terbatas ke area resistance Rp 815 atau area resistance Rp 830 selama bergerak di atas area support Rp 735. Secara teknikal peluang penguatan terlihat dari pergerakan sahamnya masih di atas EMA 34 dan stochastic yang masih mengarah ke atas pada area netralnya.

"Rekomendasi yang diberikan adalah hold dengan target harga di Rp 830 terhadap rekomendasi saham SMRA untuk saat ini," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru