Emiten

Moody's memberi peringkat Ba2 untuk obligasi yang akan dirilis Pakuwon Jati (PWON)

Kamis, 22 April 2021 | 07:45 WIB   Reporter: Benedicta Prima
Moody's memberi peringkat Ba2 untuk obligasi yang akan dirilis Pakuwon Jati (PWON)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Moody's Investor Service memberikan peringkat Ba2 dengan outlook stabil untuk obligasi yang akan diterbikan PT Pakuwon Jati Tbk (PWON). Obligasi ini dijamin tanpa syarat oleh PWON dan anak usahanya.

PWON akan menggunakan hasil penerbitan obligasi ini untuk menebus obligasi yang akan jatuh tempo senilai US$ 250 juta di tahun 2024 yang diterbitkan Pakuwon Prima Pte. Ltd., dan sisanya untuk keperluan umum lainnya.

"Obligasi senior tanpa jaminan tidak terkena risiko subordinasi hukum atau struktural, karenanya peringkat tersebut sejalan dengan peringkat Ba2 perusahaan Pakuwon Jati," tulis Jacinta Poh, analis utama Moody's, Selasa (20/4).

Baca Juga: Penjualan Pakuwon (PWON) masih butuh waktu untuk pulih, ini rekomendasi analis

Prospek stabil mencerminkan ekspektasi Moody's terhadap kredit Pakuwon Jati akan tetap kuat, didukung oleh pendapatan berulang dari properti investasi dan disiplin keuangannya sambil mengejar pertumbuhan.

Per 31 Desember 2020, sekitar 89% dari total utang Pakuwon Jati tidak dijamin. Moody's memperkirakan proporsi pinjaman tanpa jaminan akan tetap lebih dari 90% selama 12-18 bulan ke depan. Obligasi yang diajukan juga akan dijamin oleh sebagian besar anak perusahaan Pakuwon Jati, yang menyumbang hampir semua pendapatan PWON.

Peringkat Ba2 Pakuwon Jati mencerminkan kredit yang kuat dan likuiditas yang sangat baik, didukung oleh aliran pendapatan yang seimbang dari portofolio pengembangan properti dan investasi. Portofolio PWON mencakup properti investasi berkualitas tinggi, yang terdiri dari mal ritel, menara perkantoran, dan hotel.

Terlepas dari gangguan operasional yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 pada tahun 2020, kredit utama Pakuwon Jati tetap kuat. Moody's berharap metrik tersebut akan semakin menguat pada tahun 2021 dan 2022.

Cakupan Ebitda berulang dari bunga yang dibayarkan akan meningkat menjadi sekitar 5,5x pada tahun 2021 dan 7,5x pada tahun 2022, dari sekitar 4x pada tahun 2020. Leverage, yang diukur dengan utang yang disesuaikan / EBITDA pembangunan rumah, akan tetap stabil secara luas pada 1,5x-1,7x pada tahun 2021 dan 2022 karena utang akan sedikit meningkat setelah penerbitan obligasi yang diusulkan.

 

 

Selanjutnya: Fitch Ratings beri peringkat BB untuk surat utang yang akan diterbitkan Pakuwon Jati

 

Editor: Khomarul Hidayat
Terbaru