Indeks

Penurunan bursa global akan menekan IHSG di pekan depan

Minggu, 01 November 2020 | 05:36 WIB   Reporter: Nur Qolbi
Penurunan bursa global akan menekan IHSG di pekan depan

ILUSTRASI. Penurunan bursa global akan menekan IHSG di pekan depan. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun 0,31% ke level 5.128,23 menutup perdagangan pekan ini pada Selasa (27/10). Perdagangan pekan ini hanya berlangsung dua hari karena ada libur panjang.

Untuk pekan depan, analis memperkirakan, IHSG akan cenderung melemah didorong penurunan bursa global.

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Okie Ardiastama mengatakan, kenaikan IHSG pada pekan ini didorong oleh sentimen positif dari kinerja keuangan emiten. "Meskipun beberapa emiten big caps mencatatkan penurunan laba, namun kami menilai investor cukup menoleransi penurunan laba tersebut," kata dia kepada Kontan.co.id, Selasa (27/10).

Sementara Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan menilai, pergerakan IHSG pekan ini memperlihatkan investor cenderung lebih konservatif jelang pemilu Amerika Serikat  (AS) pada minggu depan. Pasar saham juga cenderung sepi menjelang libur panjang mulai Rabu (28/10) sampai Minggu (1/11).

Untuk pekan depan, Dennies memprediksi, pergerakan IHSG akan cenderung melemah didorong penurunan bursa saham secara global. Pasar saham diperkirakan juga akan volatile menjelang pemilu AS pada 3 November 2020.

Baca Juga: Rupiah berpotensi berbalik melemah terbatas setelah libur panjang pekan ini

Di sisi lain, investor masih akan mencermati beberapa laporan keuangan emiten per kuartal III-2020, terutama emiten berkapitalisasi besar. "Perbaikan kinerja emiten diperkirakan akan menopang pergerakan IHSG," ucap Dennies.

Okie juga memprediksi, pelaku pasar masih akan fokus pada beberapa emiten yang laporan keuangannya akan masuk jadwal rilis. Hal tersebut bakal menjadi perhatian utama pelaku pasar untuk mengukur kemampuan manajemen menjaga kinerja di tengah dampak pandemi Covid-19.

Sepanjang pekan depan, Dennies memproyeksi IHSG akan bergerak menguat terbatas dengan support di level 5.060 dan resistance di 5.212. Sementara untuk Senin (2/11) IHSG bakal menguat terbatas dalam kisaran 5.112-5.183.

Di sisi lain, Dennies memprediksi, IHSG pada hari perdagangan perdana pekan depan akan bergerak melemah dengan support 1 di 5.117, support 2 di 5.090, resistance 1 di 5.163, dan resistance 2 di 5.182.

Baca Juga: IHSG melemah 0,31% ke 5.128 pada Selasa (27/10), asing kembali mencetak net sell

Editor: Hasbi Maulana
Terbaru