Perkuat posisi di industri pelayaran, Sillo (SHIP) akusisi 30% saham Petrocean Indo

Selasa, 24 Agustus 2021 | 07:20 WIB   Reporter: Venny Suryanto
Perkuat posisi di industri pelayaran, Sillo (SHIP) akusisi 30% saham Petrocean Indo


EMITEN - JAKARTA. Emiten jasa transportasi laut, PT Sillo Maritime Perdana Tbk (SHIP) menyampaikan bahwa anak usahanya PT Suasa Benua Sukses (SBS) akan mengambil alih saham Nyonya Treesje Perwata (TP) di PT Petrocean Indo Pasifik (PIP) sebanyak 24.000 saham.

Dalam keterbukaan informasi yang diakses melalui Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebutkan, SBS akan mengambil alih 30% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor di PIP berdasarkan Akta Jual Beli Saham tertanggal 19 Agustus 2021.

Adapun transaksi yang dilakukan itu merupakan transaksi afiliasi sebagaimana diatur dalam POJK 42/2020 karena para pihak dalam transaksi adalah antara perusahaan terkendali Perseroan dengan pihak yang merupakan afiliasi dari Direksi Perseroan.

Namun demikian, transaksi yang akan dilakukan tidak mengandung Benturan Kepentingan sebagaimana dimaksud dalam POJK 42/2020.

Baca Juga: Sillo Maritime Perdana (SHIP) tebar dividen Rp 95.19 miliar, simak jadwalnya

Dalam rangka pelaksanaan Transaksi, Perseroan telah menunjuk KJPP Iskandar & Rekan (KJPP IDR) sebagai penilai independen yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan yang bertugas melakukan penilaian terhadap serta memberika pendapat kewajaran atas Transaksi. Penilaian dilakukan per tanggal 28 Juni 2021.

Sebagai informasi, sebelum akuisisi itu, SBS telah memegang 40% saham PIP. Namun setelah akuisisi, SBS akan memegang 70% saham PIP.

“Proses akuisisi saham merupakan salah satu strategi yang dapat dilakukan sebagai upaya Perseroan untuk dapat memperkuat usaha,” ujar Manajemen SHIP dalam keterbukaan informasi melalui BEI yang di akses Kontan.co.id, Senin (23/8).

Manajemen mengungkapkan, dengan dilakukannya transaksi ini, nilai aset serta potensi sinergi yang lebih mendalam antara PIP dengan SBS serta unit bisnis Perseroan yang lain diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi kinerja keuangan konsolidasian.

Baca Juga: Alokasikan capex US$ 32 juta, begini rencana Sillo Maritime (SHIP) sampai akhir 2021

Adapun di masa yang akan datang, perseroan berharap akuisisi ini akan memberikan nilai tambah bagi seluruh pemegang saham Perseroan.

Dengan demikian hal ini diharapkan dapat mempertahankan serta memperkuat posisi Sillo dalam industri pelayaran (khususnya di bidang hulu migas) di Indonesia.

Sebagai informasi, nilai transaksi berdasarkan Surat Penawaran Pembelian Saham tanggal 23 Juni 2021 dan Akta Jual Beli Saham tanggal 19 Agustus 2021 dari SBS kepada TP adalah sebesar Rp 2,4 miliar.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru